oleh

Polda NTT Siapkan 172 Personel Amankan Pemungutan Suara Ulang di Sabu Raijua

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH., M.Hum menugaskan 172 personel Polda NTT untuk membackup Polres Sabu Raijua untuk pengamanan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sabu Raijua pada 7 Juli 2021 mendatang.

Perintah Kapolda NTT ini tertuang dalam surat perintah nomor Sprin/553/V/Ops.2/2021 yang ditandatangani Kapolda NTT, tanggal 28 Mei 2021.

Iklan Dimonium Air

“Ada 172 personel Polda NTT yang akan dikirim ke Kabupaten Sabu Raijua dalam rangka kelancaran pelaksanaan pengamanan PSU Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Sabu Raijua yang telah ditetapkan KPU NTT pada tanggal 7 Juli 2021 mendatang,”ujar Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna B, SH, SIK MH di Mapolda NTT, Selasa (8/6/2021) dilansir dari Digtara.com.

Berkaitan dengan hal tersebut, personel yang terlibat dalam BKO Polres Sabu Raijua setiap hari, setelah pelaksanaan apel pagi, melaksanakan latihan pengendalian massa (Dalmas).

Ada juga unit K9 Direktorat Samapta yang dilibatkan dalam latihan yang digelar di lapangan Mapolda NTT.

Kegiatan latihan ini untuk meningkatkan kemampuan personel dalam rangka menghadapi pengamanan PSU Pilkada di wilayah Kabupaten Sabu Raijua.

Latihan Dalmas ini juga untuk mengantisipasi pengamanan massa dalam menghadapi PSU Sabu Raijua nanti.

Juga Persiapan antisipasi jika terjadi demo massa, baik pada tahapan pemungutan suara maupun pasca pemungutan suara.

“Selain untuk meningkatkan kemampuan personel supaya anggota lebih mahir dan profesional dalam pelaksanaan tugas di lapangan khususnya pengamanan massa, baik itu tingkatan paling awal hingga tingkat lanjutan yang menjurus ke aksi anarkis,” tandas Kombes Pol Rishian Krisna.

Diharapkan agar seluruh Personel Polda NTT mempersiapkan kemampuan serta peralatan yang dibutuhkan guna mengawal seluruh tahapan PSU sehingga berjalan dengan baik, aman dan tertib.

Baca Juga:  Partai Demokrat Resmi Dukung Paket Nomor 1 di Sabu Raijua, Ini Alasannya

Personel Ditsamapta Polda NTT pun meningkatkan kemampuan dalam penggunaan peralatan dalmas di lapangan Mapolda NTT.

Unit K9 (anjing pelacak Polri) pun dikerahkan guna membantu pengamanan pelaksanaan PSU di Kabupaten Sabu Raijua.

Kapolda NTT berharap agar seluruh personel Polda NTT mempersiapkan kemampuan serta peralatan yang dibutuhkan guna mengawal seluruh tahapan PSU sehingga berjalan dengan baik, aman dan tertib.

“Kita akan menghadapi satu event lagi, yaitu, PSU Pilkada di wilayah Kabupaten Sabu Raijua. Ini harus kita kawal dengan sungguh-sungguh sehingga dapat berjalan dengan baik, aman dan tertib”, kata Kapolda.

PSU di Kabupaten Sabu Raijua pada tanggal 7 Juli 2021 telah melalui pembahasan pada tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat sampai pada KPU Provinsi NTT bagi dua pasangan calon sesuai putusan Mahkamah Konstitusi yang menetap pasangan calon nomor urut satu dan nomor urut tiga yang akan mengikuti PSU di Sarai.

Untuk PSU, Pemda menyiapkan anggaran sebesar Rp 5.724.030.275

DPT ada 54.546, sesuai dengan data pemilu lalu, yang terdiri dari pemilih DPT, DPTH dan DPTB sesuai data saat pilkada 9 Desember 2020.

Untuk diketahui pasangan calon yang akan mengikuti PSU yaknk nomor urut satu dan nomor urut tiga. Sebelumnya Mahkamah Konstitusi (MK), telah menetapkan penyelenggaraan PSU pada putusan tertanggal 15 April 2021 lalu.

PSU yang diselenggarakan untuk pasangan calon nomor urut 1, yakni Nikodemus N Rihi Heke dan Yohanis Uly Kale dan pasangan calon nomor urut 3 Takem Irianto Radja Pono dan Herman Hegi Radja Haba.

Putusan MK yang menyatakan dan menetapkan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sabu Raijua nomor urut 2, Orient P Riwu Kore dan Thobias Uly telah didiskualifikasi. (*/dig/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed