oleh

Rektor Unwira Kupang Buka KKN Mahasiswa Periode Ganjil 2020-2021 secara Virtual

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Rektor Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD, secara resmi membuka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM), periode Semester Ganjil 2020-2021.

Pembukaan ini dilakukan secara virtual dari Gedung Rektorat, Kampus Unwira Jln. Ahmad Yani, Kupang, Kamis (28/1/2021). Menurut Dr. Philipus Tule, KKN PPM adalah bagian penting dari kiprah perguruan tinggi dalam pembangunan dan peradaban bangsa.

Iklan Dimonium Air

BACA JUGA: Pemprov NTT Bantu Pemkot Kupang Perangi Lonjakan Kasus Positif Covid-19

Bagi Unwira, sebut Rektor, KKN-PPM adalah salah satu kegiatan wajib bagi mahasiswa dalam proses pematangan kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik, spiritual, dan emosional. Karena itu melalui KKN-PPM, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan kemampuan teoretis mereka sesuai bidang keahlian untuk membantu masyarakat terutama dalam menghadapi berbagai persoalan di tengah pandemi Covid-19.

Adapun tema KKN-PPM Unwira periode ini, lanjut Rektor, adalah “KKN Kreatif Mahasiswa UNWIRA Mendukung Ketahanan Masyarakat di Masa Normal Baru.” Merujuk pada SK Rektor UNWIRA No.335/WM/H/KEP/2018, ahli Islamologi jebolan Kairo Mesir ini menjelaskan bahwa KKN-PPM adalah bagian integral yang tak terpisahkan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Karena itu, lembaga UNWIRA akhirnya berkeputusan untuk tetap menjalankan KKN-PPM pada Semeter Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 ini dengan melibatkan 669 mahasiswa (dari 20 Prodi) dan 42 Dosen Pendamping Lapangan (DPL), meski di tengah pandemi Covid-19. “KKN-PPM ini merupakan implementasi visi, misi dan tujuan UNWIRA. Sehingga pelaksanaan KKN-PPM ini berbasis pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat dengan sasaran pengembangan karakter mahasiswa dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Hanya saja berbeda dengan KKN-PPM sebelumnya, KKN-PPM periode ini akan dilakukan secara online karena pandemi Covid-19. Apalagi, sebut Dr. Philipus, berdasarkan data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTT pada Minggu (24/1/2021), jumlah kasus Covid-19 di NTT telah mencapai 4.209. Di mana ada 2.009 pasien positif yang dirawat.

Untuk itu, sebut Rektor, UNWIRA akan melakukan KKN secara Online mulai tanggal 1 sampai 28 Februari 2021. Kegiatan tersebut akan dilakukan oleh para mahasiswa dan para dosen DPL di berbagai lokasi domisili, sambil secara ketat menaati protokol kesehatan dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sebagai pimpinan Universitas, Dr. Philipus Tule mengharapkan agar KKN PPM kali ini sukses dilaksanakan. “Kami harapkan agar selain melakukan kegiatan edukasi/pembelajaran (education) dan pembangunan (development) secara virtual, para mahasiswa KKN juga bisa membantu masyarakat dan umat dari aspek pemberdayaan (empowerment). Terutama dalam menata kehidupan sosial, religius dan perekonomian di masa New Normal atau Pola Hidup Baru ini,” katanya.

BACA JUGA: Data Covid-19 NTT 27 Januari: 5 Pasien Meninggal di Belu, Kupang dan Manggarai

Ia menambahkan para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) diharapkan secara daring membimbing mahasiswa sesuai tema KKN yang disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran Prodi dn kemudian wajib diselaraskan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19.

Ketua Panitia KKN-PPM Unwira, Bruder Sebastianus Baki Henong, SVD, ST, MT, dalam kesempatan yang sama menjelaskan, sebagai komunitas pendidikan dan komunitas ilmiah yang unggul dan kreatif berdasarkan nilai-nilai kristiani, berwawasan global dan berakar pada budaya lokal, Unwira siap mewujudkan KKN kreatif mahasiswa untuk mewujudkan ketahanan masyarakat di masa normal baru. Panitia, sebut Bruder Henong SVD, akan maksimal bekerja mendukung para DPL dan mahasiswa untuk menyukseskan KKN-PPM periode ini. (*/rnc)

  • 1.1K
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed