oleh

Respon Serangan Hizbullah, Tentara Israel Bombardir Lebanon

Jakarta, RNC – Militer Israel membombardir kota-kota di selatan Lebanon pada Rabu (11/10/2023) malam sebagai balasan atas gempuran roket dari kelompok Hizbullah. Saling serang ini berlangsung ketika peperangan Israel vs Hamas Palestina di Jalur Gaza kian memanas.

Melansir CNNIndonesia.com, Hizbullah mengatakan telah menembakkan serangkaian rudal presisi ke wilayah Israel sebagai balasan atas pembunuhan beberapa anggotanya akibat serangan Tel Aviv awal pekan ini.

Hizbullah bahkan bersumpah akan membalas segala serangan Israel yang menargetkan setiap inci wilayah Lebanon.

Sementara itu, militer Israel mengklaim telah melancarkan serangan udara ke sejumlah posisi milik Hizbullah dan juga Lebanon. Tel Aviv mengatakan serangan itu sebagai balasan usai sebuah pos militer di dekat Kota Al Aramshe, Israel, menjadi sasaran tembakan roket dari Lebanon pada Rabu.

Meski begitu, baik militer Israel maupun Hizbullah tidak mengungkap soal korban jiwa atas serangan tersebut.

Dikutip Reuters, sumber keamanan Lebanon mengatakan Hizbullah telah menembakkan dua rudal presisi ke wilayah Israel.

Penduduk di Kota Rmeish, selatan Lebanon, mengatakan bombardir Israel terjadi di dekat kota tersebut.

Sumber keamanan mengatakan kepada Reuters bahwa peluru artileri Israel mengenai titik peluncuran roket di sekitar Dhayra, di seberang Arab al-Aramshe.

Warga Lebanon di kota-kota tersebut mengatakan bombardir yang baru-baru ini terjadi mengingatkan kembali pada musim panas 2006, ketika Hizbullah yang didukung Iran terlibat perang brutal dengan Israel selama sebulan.

Stasiun televisi lokal Lebanon al-Jadeed menyiarkan gambar gumpalan asap putih mengepul dari kawasan hutan dekat beberapa rumah dan lahan pertanian di Dhayra.

Sebelumnya, Hizbullah dan Hamas sama-sama mengklaim serangan yang diluncurkan dari Lebanon ke Israel pada Selasa pekan ini.

Baca Juga:  Emak-Emak Indonesia Dukung Aksi Bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat dan Rumah Dubes Mesir

Hizbullah menembakkan peluru kendali ke tank Israel dan mengunggah video penyerangan itu. Sementara itu, Hamas mengatakan pihaknya yang meluncurkan roket salvo dari Al-Koleilah ke Israel. (*/cnn/rnc)

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *