oleh

Seekor Paus Biru Terdampar di Pantai Batu Kepala, Kota Kupang

Kupang, RNC – Warga Kota Kupang dihebohkan dengan terdamparnya seekorr ikan paus di Pantai Batu Kepala, Kelurahan Nunhila, Kecamatan Alak, Kota Kupang, Selasa (21/7/2020), sekira pukul 15.00.

Sontak kejadian ini membuat gempar warga sekitar. Tak berselang lama, kawasan pantai dipenuhi warga yang ingin menyaksikan dari dekat mamalia terbesar ini.

Ribuan warga berdesak-desakan di pantai hingga ke jalan raya. Situasi ini membuat jalanan pun macet.

Terkait hal ini, Kepala Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang (BKKPN), Ir. Ikram Malan, Sangadji, M.Si membenarkan paus yang terdampar itu adalah jenis pygmy blue atau paus biru kerdil. Hewan yang ukurannya 23,30 meter ini merupakan hewan yang dilindungi.

Ia menduga paus ini sebelumnya terserang penyakit sehingga mati lalu terseret ombak ke pantai. “Kita menduga sudah mati sejak lima hari yang lalu baru terseret ombak ke pesisir pantai,” jelas Ikram.

Ia mengatakan hasil pemeriksaan sementara bangkai paus ini sudah mulai membusuk. Oleh karena itu, pihaknya sedang berupaya untuk menguburnya di wilayah berpasir. “Tim sudah tangani dan nanti dikubur atau ditenggelamkan,” katanya.

Pihak BKKPN dibantu warga setempat melakukan evakuasi terhadap paus tersebut untuk dikuburkan.

(rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed