oleh

Naikkan PAD, Pemkab TTS Benahi Fatumnasi dan Pantai Oetune

Sabun Herbal Cyrus

SoE, RNC – Memasuki tatanan normal baru, Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan melalui Dinas Pariwisata sedang berupaya meningkatkan pendapatan asli daerahnya. Kali ini dengan memaksimalkan setiap destinasi wisata yang ada. Pasalnya terjadi penurunan PAD dalam masa pandemi Covid-19.

Sebanyak 2 objek wisata yang sedang viral bakal dioptimalkan. Ke-2 spot wisata itu yakni Cagar Alam Fatumnasi dan Pantai Oetune. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Timor Tengah Selatan, Tian Y. Tallo, SE di ruang kerjanya, Senin (20/7/2020) siang.

BACA JUGA: Luar Biasa, 8 Destinasi Wisata NTT Masuk Nominasi API Award 2020

Kepada RakyatNTT.com, Tian menyampaikan bahwa pembenahan ke-2 spot wisata itu telah direncanakan untuk tahun ini. Namun akibat pandemi Covid-19, anggaran yang direncanakan harus direfokusing dan direalokasikan ke penanganan wabah corona.

Ia mengakui, untuk memenuhi kebutuhan penanganan wabah covid-19, terjadi potongan dana alokasi khusus (DAK), belanja modal untuk pembangunan fisik serta dana alokasi umum (DAU) terpotong menjadi Rp 2,1 miliar dari awalnya yakni Rp 8,7 miliar.

Ia mengatakan kondisi ini memberi dampak terhadap pendapatan dari sektor pariwisata, yakni menurunnya jumlah pengunjung. Alhasil, dari target PAD tahun ini Rp 339.000.000, harus mengalami penurunan 40% menjadi Rp 203.000.000.

“Baru dibuka kemarin awal Juli PAD dari retribusi sampai saat ini berkisar Rp 12 juta lebih atau 6,7% sampai saat ini juga kita terapkan protokol kesehatan bagi pengunjung,” katanya.

Diketahui pengelolaan hanya terpusat pada 2 spot wisata yakni Taman Wisata Bu’at dan Pantai Oetune.
Ia menambahkan, Dispar tetap merencanakan agar setiap objek wisata dapat dibuka. Pasalnya Pemda Kabupaten TTS telah melakukan kerja sama dengan BKSDA Provinsi NTT untuk membangum fasilitas pendukung objek wisata Cagar Alam Fatumnasi. Ke depan, bakal dilengkapi homestay, restoran dan lopo. “Untuk saat ini masih dalam tahap pembangunan dan belum adanya aktifitas pengunjung,” katanya.

BACA JUGA: Polda NTT Bersama Warga Bangun Lokasi Wisata Bukit Afleug di Amfoang

Tidak hanya itu, di objek wisata Pantai Oetune, direncanakan akan dilengkapi fasilitas penerangan, air bersih, dan sarana petualangan air, yakni motor ATV yang bisa digunakan mengelilingi dan melintasi gelombang gulung pesisir pantai selatan itu.

“Kebetulan pantai Oetune memiliki padang pasir yang tidak ada di tempat lain sehingga pengunjung juga mendapat mamfaat lain seperti melakukan foto prewedding,” pungkas Kadispar Tian. (rnc13)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed