oleh

Tarian Vera Suku Rongga Matim Masuk Nominasi API 2021

Iklan Covid Walikota Kupang

Borong, RNC – Tarian Vera, salah satu tarian khas suku Ronggga, di Kabupaten Manggarai Timur (Matim) masuk nominasi ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021 pada kategori Atraksi Budaya. Hal itu disampaikan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Setda Matim, Jefrin Haryanto, Selasa (15/6/2021).

Jefrin Haryanto menjelaskan, Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan ajang nasional apresiasi pariwisata terbesar di Indonesia. Ajang ini telah dilangsungkan sejak 16 September 2016. Hingga kini ajang tersebut secara rutin dilaksanakan setiap tahun. “Tujuan API untuk mengangkat dan mengembangkan daerah pariwisata di seluruh Indonesia,” kata Jefrin Haryanto.

Iklan Dimonium Air

Menurutnya, sampai dengan tahun 2020 telah mencapai 793 destinasi pariwisata. Terdiri dari keindahan alam, keunikan atraksi budaya, keberagaman tradisi kehidupan kampung adat, kuliner tradisional, hingga jejak jalur peninggalan sejarah Nusantara.

“Menjadi salah satu nominasi API merupakan keuntungan untuk pengembangan pariwisata Manggarai Timur. Terutama dari sisi promosi pariwisata,” ungkap Jefrin.

Ia mengatakan, proses penentuan juara dalam ajang API dilakukan melalui voting yang akan dilaksanakan mulai pada 1 Juli sampai 31 Oktober 2021. Vote bisa diikuti oleh semua kalangan.

“Diharapkan hasil vote bisa membawa Tari Vera ke tiga besar dan dapat diikutkan dalam Malam Aungerah Pesona Indonesia 2021,” tambahnya.

Vote tersebut bisa dilakukan melalui instagram @ayojalanjalanindonesia, Youtube Channel APIaward dan SMS Premium. SMS Premium dapat dilakukan dengan mengirimkan SMS dengan format API 13I dan kirim ke 99386 (Rp2.200 untuk semua provider).

Untuk diketahui, Tarian Vera merupakan salah satu jenis tarian tradisi masyakat suku Rongga Kabupaten Matim. Tarian Vera dahulunya merupakan ritual yang berkaitan dengan adat istiadat suku Rongga, misalnya menjelang musim tanam, ritual penguburan tokoh besar, dan lain-lain.

Baca Juga:  Pemuda di Matim Dianiaya Sekelompok Preman, Polisi Diminta Bertindak Tegas

Seiring perkembangan zaman, Tarian Vera mulai dilaksanakan dalam event modern dan acara kenegaraan. Seperti pada tahun 2015, Tarian Vera dilaksanakan oleh masyarakat suku Rongga untuk menerima kedatangan wisatawan asal Perancis yang berwisata ke Manggarai Timur. (*/rnc23)

  • 186
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed