oleh

Terkait Status Orient Riwu Kore, Kemendagri Koordinasi dengan Kemenkumham

Iklan Covid Walikota Kupang

Jakarta, RNC – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengecek status kependudukan Bupati Sabu Raijua, Orient P. Riwu Kore, yang disebut Bawaslu masih berstatus warga negara (WN) Amerika Serikat (AS). Hasilnya, nama Orient masih ada di dalam database kependudukan dan berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Saat ini, Kemendagri juga sedang melakukan koordinasi dengan Kemenkumham terkait hal ini.
“Saya sedang koordinasi dengan Kumham untuk cek WNI yang jadi WNA sudah dilaporkan ke Dukcapil belum perubahan status WNI ke WNA-nya,” ujar Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah, Rabu (3/2/2021) dilansir dari Okezone.com.

Iklan Dimonium Air

BACA JUGA: Polemik Status Kewarganegaraan Bupati Terpilih Tidak Mempengaruhi Hasil Pilkada

Lebih lanjut Zudan pun membenarkan kemungkinan adanya perbedaan sistem kewarganegaraan membuat sejumlah oknum WNI tidak melaporkan perpindahan kewarganegaraannya.

Seperti diketahui Indonesia tidak mengakui dwi kewarganegaraan. Sementara negara lain seperti Amerika Serikat mengakui adanya dwi kewarganegaraan. “Iya mungkin (faktor itu),” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bawaslu Sabu Raijua menyatakan status Orient adalah warga negara AS berdasarkan konfirmasi dari Kedutaan Besar Amerika Serikat melalui surat elektroniknya. (*/okz/rnc)

Baca Juga:  PSU Pilkada Sarai, KPU NTT Tunggu Arahan dari Pusat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed