oleh

Soal Pelantikan Bupati Sabu Raijua, Mendagri akan Tentukan Sikap 17 Februari

Iklan Covid Walikota Kupang

Jakarta, RNC – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) baru akan memutuskan sikap pemerintah apakah akan melantik Orient P Riwu Kore sebagai Bupati terpilih Sabu Raijua, NTT, paling lambat pada tanggal 17 Februari mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Akmal Malik usai menggelar rapat bersama KPU, Bawaslu, dan Kapolda NTT terkait isu kewarnageraan yang menyeret Orient P Riwu lantaran adanya temuan tentang status warga negara Amerika Serikat (AS).

Iklan Dimonium Air

“Pastinya Mendagri mencermati permasalahan ini dan mengambil langkah cepat. Tapi ada fakta hukum yang harus kami hormati, sehingga langkah ini akan menjadi kebijakan yang diambil oleh bapak Menteri sebelum 17 Februari,” kata Akmal dalam jumpa persnya di Kantor Kemendagri, Kamis (4/2/2021) dilansir dari Okezone.com.

BACA JUGA: Bawaslu RI: Bupati Terpilih Sabu Raijua Tidak Bisa Didiskualifikasi

Dalam waktu dekat, katanya, Kemendagri akan berkoordinasi dengan pihak yang memiliki otoritas untuk menentukan apakah Bupati terpilih tersebut merupakan kewarganegaraan Indonesia atau Amerika Serikat. Dalam hal ini, Akmal membenarkan saat dikonfirmasi pihak otoritas yang dimaksud adalah Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Kita minta kepada pihak-pihak yang memiliki otoritas untuk mempercepat kepastian, apakah dia WNA or not, gitu aja,” ujarnya.

Menurut dia, langkah ini perlu diperhatikan dengan seksama sebagai sebuah kerangka yang perlu diantisipasi. Sebab, hal tersebut nantinya akan berpengaruh kepada pengesahan penetapan calon.

“Agar nanti ketika proses pilkada ini selesai, dan bermuara pada pengesahan penetapan paslon melalui SK mendagri, (ini) tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari,” pungkasnya. (*/okz/rnc)

  • 411
    Shares
Baca Juga:  KPU RI Mulai Siapkan PSU di Pilkada Sabu Raijua

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed