oleh

Tes Cepat di 6 Kabupaten, Hasilnya Hanya Bisa Diumumkan Pemprov NTT

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Pemerintah Provinsi NTT dalam waktu dekat akan mengadakan tes cepat molekuler (TCM) di 6 kabupaten selain Kota Kupang. Namun, hasilnya hanya diumumkan satu pintu, yakni melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT.

Hal ini ditegaskan Sekretaris I Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, Dr. drg. Dominikus Minggu Mere di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Senin (8/6/2020) sore.

BACA JUGA: Dokter Cantik Reisa Sampaikan Update Corona, Netizen jadi Gagal Fokus

Domi menyampaikan, beberapa rumah sakit yang telah direkomendasikan untuk TCM selain RSUD Prof. W. Z. Johannes Kupang, yakni RSU TC Hillers di Sikka, RSUD Umbu Rara Meha di Sumba Timur, RSUD Komodo di Manggarai Barat, RSUD Gabriel Manek di Belu, serta RSUD Ende.

Domi menjelaskan sejumlah rumah sakit ini akan melaksanakan pemeriksaan sampel swab di daerahnya masing-masing. Dan, saat ini sedang proses distribusi peralatan dan bahan pelengkap pemeriksaan. “Akan distribusikan sambil menunggu penjadwalan dari teman-teman logistik,” kata Domi.

Mantan Direktur RSUD W. Z. Johannes Kupang ini menambahkan saat ini sudah ada 4 rumah sakit yang siap melaksanakan pemeriksaan di laboratoriumnya. Oleh karena itu, menjadi prioritas untuk segera dipasang peralatannya. “Karena Ende dan Atambua itu peralatannya harus diinstal dulu agar supaya tes cepat molekuler bisa berfungsi,” ujar Domi.

BACA JUGA: Hari Ini 2 Pasien Sembuh, Rote Ndao Akhirnya Bersih dari Covid-19

Ia pun menegaskan, apabila TCM sudah diadakan pada laboratorium masing-masing RSU tersebut, maka informasi hasil pemeriksaan harus dikoordinasikan dengan gugus tugas provinsi. Tidak bisa diumumkan tanpa koordinasi..

“Walaupun nanti jaringannya kita ada yang langsung dari pusat, tetapi dengan propinsi bagaimana pun nantinya laporannya tidak boleh simpang siur,” tandasnya. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed