oleh

Tim Sasando Siap Ukir Sejarah di Tanah Lembata

Kupang, RNC – Persatuan Sepak Bola Rote Ndao (Perserond) siap berlaga di turnamen El Tari Memorial Cup (ETMC) XXXI 2022 Lembata. Pasukan dari pulau sejuta lontar ini telah mendaftarkan diri di Asprov PSSI NTT.

Tim Sasando telah tiba di Kota Kupang pada Kamis (1/9/2022) lalu. Saat ini tengah menunggu jadwal keberangkatan ke Kabupaten Lembata.

Jumat (2/9/2022) kemarin, tim Perserond langsung menjalani laga ujicoba melawan Putera Oesao FC, salah satu kontestan ETMC 2022. Pertandingan ini berlangsung di Lapangan Sepakbola Asrama Tentara, Kuanino. Di laga ini, tim Perserond memetik hasil positif, menang 3-0.

Head coach Perserond, Zet Adoe mengatakan laga ujicoba ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan para pemain, termasuk menguji kekuatan fisik. Apalagi, cuaca di Lembata sangat panas.

Tim Perserond, kata Zet, dipersiapkan selama 3 minggu. Waktu yang sangat singkat untuk menemukan chemistry para pemain dari latar belakang gaya permainan yang berbeda. “Tentunya tiga minggu waktu yang kami persiapkan belum cukup untuk menciptakan kekompakan antarpemain. Apalagi pemain-pemain yang dibawa bukan hanya dari Rote saja. Ada yang dari Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Flotim dan bahkan Lembata,” ungkap mantan pelatih PSKK Kota Kupang ini saat ditemui RakyatNTT.com, Sabtu (3/9/2022).

perserond 1
Tim Perserond pose bersama di sela-sela latihan di Kupang. (Foto: Dok. Perserond)

Di turnamen ETMC 2022 ini, Coach Zet membawa 26 orang pemain. Kombinasi antara pemain yunior dan senior. Total ada 7 pemain senior. 19 lainnya pemain yunior.

“26 pemain siap unjuk gigi di Lembata. Ada 7 orang senior dan sisanya yunior. Tapi untuk pemain senior yang akan masuk line up cuma 5 orang dan yang akan bermain hanya 3 saja,” ucap Zet.

Pelatih yang pernah membawa Perserond menjadi juara 3 di Sumba Barat ini mengatakan pada tahun 2023 nanti, Kabupaten Rote Ndao akan menjadi tuan rumah turnamen ETMC. Oleh sebab itu, ia berharap semua pemain dapat bermain maksimal.

“Para pemain harus bermain bagus karena tahun depan kita tuan rumah. Jadi nanti ketika ETMC di Rote pemain sudah lebih matang,” ujarnya.

Pelatih yang menukangi PSKK Kota Kupang saat ETMC 2019 Malaka ini yakin Perserond bisa mencatat sejarah baru di Lembata. Menurunya, semua tim datang ke Lembata dengan tujuan untuk menang dan juara.

“Untuk kompetisi besar seperti ETMC, tentunya semua tim mempunyai target yang sama. Tetapi mesti ingat juga semua tim ingin juara, tapi kami pasti juara,” katanya penuh optimisme.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemda Rote Ndao yang mendukung penuh skuad Perserond di ETMC 2022. Masyarakat Rote Ndao juga mendukung Perserond bisa meraih prestasi terbaik.

“Informasi yang kami dapat bahwa sudah ada tim penjemputan (di Lembata), termasuk paguyuban Rote di sana. 40 orang berangkat besok pagi, termasuk pemain dan badan pengurus. Terima kasih untuk masyarakat rote dan pemda,” kata Coach Zet yang didampingi asisten pelatih, Denfer Pingak.

Untuk diketahui, kick off ETMC 2022 akan berlangsung pada 9 September 2022. Pada 7 September dilakukan drawing grup. Hingga Sabtu hari ini, sudah terdapat 23 tim yang mendaftar untuk mengikuti turnamen sepakbola paling bergengsi di Provinsi NTT ini.

(rnc26)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *