oleh

Waka Polda NTT Pantau Aktivitas Pasar, Ikut Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Waka Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum mendatangi Pasar Kasih Naikoten I, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, Jumat (19/6/2020).

Jenderal bintang satu ini memimpin kerja bakti Polda NTT dalam rangka hari Bhayangkara ke 74 tahun 2020. Kesempatan berkunjung ke pasar tradisional ini dimanfaatkan Waka Polda NTT melakukan sosialisasi bahaya penyebaran covid-19 dan upaya pencegahan.

BACA JUGA: Jelang HUT Bhayangkara, Polda NTT Sumbang 100 Kantong Darah

Waka Polda NTT berdialog dengan para pedagang mengenai harga bahan kebutuhan pokok maupun tingkat daya beli masyarakat. Para pedagang mengeluhkan sepinya pembeli dan berkurangnya pendapatan mereka.

“Kalau dulu dalam sehari ada puluhan pembeli yang belanja maka dalam tiga bulan terakhir ini rata-rata dalam sehari hanya ada lima orang pembeli. Pendapatan kami jelas menurun drastis,” ujar Ina Kudji (56), pedagang bumbu dapur saat berdialog dengan Waka Polda NTT.

Pedagang sayur pun mengaku kalau stok sayur melimpah namun sangat sepi pembeli.
“Sayuran memang banyak, tapi yang beli sangat sedikit,” tandas Maria Nahak (47), pedagang sayur asal Kabupaten Belu.

Pada kesempatan tersebut, Waka Polda NTT menghimbau agar pembeli dan penjual wajib memakai masker demi menjaga kesehatan. “Selalu memakai masker dan jaga kebersihan lingkungan sekitar,” tandas mantan Waka Polda Sulawesi Utara ini. Waka Polda juga meminta seluruh aktivitas di pasar memperhatikan protokol kesehatan dengan selalu menjaga jarak serta tidak bersalaman satu dengan yang lain.
“Wajib mencuci tangan dengan sabun dan air bersih,” ujar Waka Polda NTT.
Dari hasil pantauan waka Polda NTT, sudah ada kesadaran masyarakat menggunakan masker namun belum tersedia sarana cuci tangan yang memadai sehingga perlu ditambah. “Sarana cuci tangan masih kurang sehingga harus ditambah supaya seluruh pengunjung pasar membudayakan cuci tangan hingga bersih,” tambah Waka Polda NTT.

BACA JUGA: Wakapolda NTT: Sulit Atasi Kerumunan di Pasar-Pasar Tradisional

Waka Polda NTT juga meminta masyarakat selalu menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan. Sosialisasi masalah kesehatan di pasar tradisional diakui waka Polda NTT sebagai upaya Polda NTT membantu pemerintah mencegah covid-19.

Waka Polda juga berkesempatan membeli berbagai jenis jualan baik sayuran dan kebutuhan pokok dari para pedagang pasar. Ia juga meminta anggota Polri yang melakukan kerja bakti di pasar agar membantu masyarakat dengan membeli bahan-bahan kebutuhan yang dijual pedagang di pasar.

(rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed