oleh

Jelang HUT Bhayangkara, Polda NTT Sumbang 100 Kantong Darah

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) melakukan aksi kemanusiaan berupa donor darah, Rabu (17/6/2020). Donor darah ini dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74. Dalam HUT kali ini, Polda NTT mengusung tema “Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif”.

Aksi kemanusiaan donor darah diikuti Kapolda NTT, Irjen Pol Hamidin, Waka Polda NTT, Brigjen Pol Drs Johni Asadoma, M.Hum dan ratusan anggota Polda NTT serta bhayangkari.

Donor darah dipusatkan di lobi lantai I Mapolda NTT. Kegiatan donor darah ini tetap mengikuti protokol kesehatan yaitu pengukuran suhu, pemberian hand sanitizer dan desinfeksi ruangan.

BACA JUGA: Kapolda NTT: Dampak Covid-19, Angka Kejahatan di Jalan Meningkat

Para peserta juga mengikuti pemeriksaan tekanan darah dan kesehatan. Hanya anggota yang sehat yang diperbolehkan mengikuti kegiatan donor darah. Dari pelaksanaan donor darah ini terkumpul 100 kantong darah, masing-masing golongan darah A 13 kantong, golongan darah B sebanyak 30 kantong, golongan darah AB sebanyak 9 kantong dan golongan darah O sebanyak 48 kantong darah.

“Ada empat orang yang tidak bisa melakukan donor darah karena HB rendah dan tensi tinggi,” ujar Kepala rumah sakit Bhayangkara Titus Uly Polda NTT, Kompol dr Hery Purwanto di Mapolda NTT disela-sela pelaksanaan donor darah ini.

Kapolda NTT, Irjen Pol Hamidin mengakui kalau donor darah merupakan gerakan sosial yang dilakukan secara serentak di Polda NTT dan Polres jajaran yang dilakukan dalam situasi virus covid-19. “Kita berkomitmen jangan sampai PMI kekurangan stok darah untuk kemanusiaan,” ujar jenderal bintang dua ini.

Untuk itu, secara berkala Polda NTT menyumbangkan darah bagi kepentingan orang banyak. Sebelumnya, rumah sakit Bhayangkara Polda NTT juga sudah memulangkan 10 anggota Polri yang sembuh dari covid-19.

Namun pasca sembuh, 10 anggota Polri ini juga menyumbangkan plasma darahnya untuk dimanfaatkan oleh pasien positif covid-19. “Donor darah dari anggota yang sembuh covid-19 akan dipakai bagi pasien yang sakit guna menaikkan imun pasien,” tandas Kapolda NTT. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed