oleh

Waspada Modus Baru, ATM Dilem Uang Tak Bisa Keluar

Jakarta, RNC – Bank Indonesia meminta masyarakat untuk berhati-hati saat menarik uang di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Hal ini seiring dengan adanya modus baru pembobolan uang di mesin ATM.

Dalam video viral yang beredar, pelaku menutup tempat keluarnya uang dengan lem. Dengan begitu, uang akan tersangkut di dalam dan tidak bisa diambil. Modus dilakukan dengan menempel penutup (cover) dengan double tip di bagian mesin saat pengambilan uang.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengatakan, pihaknya akan meneliti modus ini bersama dengan penyelenggara sistem pembayaran. Diharapkan upaya mitigasinha bisa cepat dilakukan.

“BI bersama jasa penyelenggara sistem pembayaran akan meneliti modus ini, mudah-mudahan cepat mitigasinya,” ujarnya seperti dilansir Okezone, Senin (19/10/2020).

Onny mengimbau masyarakat untuk berhati-hari dalam melakukan transaksi. Apalagi jika dalam sistem mesin transaksi tersebut ditemukan hal yang janggal.

“Sementara itu kami mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam melakukan transaksi pada kanal-kanal pembayaran, dan segera melaporkan kepada penyedia layanan sistem pembayaran terkait, bila ada yang janggal ataupun dirugikan,” jelasnya.

BACA JUGA: Bedah Rumah Bukti Sejarah Kepemimpinan Wali Kota Jeriko

Sebelumnya, video viral beredar soal modus baru pengganjalan uang di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Video yang berdurasi 2 menit 28 detik ini menampilkan salah satu mesin ATM dipasang penutup (cover) berwarna hitam di bagian mesin saat pengambilan uang.

Video ini menunjukkan ada penutup (cover) yang sengaja ditempel menggunakan double tip oleh pelaku yang tidak bertanggung jawab guna mengambil uang nasabah saat mengambil uang di ATM.

Ketika nasabah ingin menarik uang di ATM, uang tersebut tidak keluar karena menempel di penutup (cover) yang ditempelkan di mesin ATM.

(*/okz/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed