oleh

Welcome Yang Mulia Bapa Uskup Mgr. Fransiskus Nipa

oleh : Robert Kadang

Yang Mulia Bapa Uskup, Mgr. Fransiskus Nipa, dari Keuskupan Agung Makassar, dipastikan mengikuti Pentahbisan Uskup Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni Pr, pada Kamis, 9 Mei 2024 mendatang. Kepastian kehadiran Mgr. Fransiskus Nipa diperoleh dari hasil chatting dan teleponan Humas Persekutuan Umat Katolik Toraja (PUKAT) Kota Kupang, Robert Kadang dengan Monsinyur.

Kedatangan Mgr. Fransiskus Nipa dijadwalkan dua hari lebih awal dari acara pentahbisan, yakni tanggal 7 Mei 2024. “Saya siap hadir di acara pentahbisan Uskup Kupang. Tapi tiba lebih awal, tanggal 7 Mei. Tolong Pak Robert atur pertemuan dengan PUKAT dan Sangtorayan yang ada di Kupang!” pinta Mgr. Fransiskus Nipa dari balik telepon selulernya.

Menindaklanjuti permintaan Mgr. Fransiskus Nipa untuk “tatap muka” dengan Sangtorayan yang ada di Kupang, maka Sabtu kemarin (4/5/2024), pengurus PUKAT melakukan rapat di kediaman Yustinus Ada’ di bilangan Oesapa. Pertemuan itu ikut dihadiri Ketua Kerukunan Keluarga Toraja (KKT) Kupang-NTT, Daud Mengesa’. Ada sejumlah agenda yang dibahas. Mulai dari penyambutan di Bandara El Tari, hingga acara “tatap muka” yang dijadwalkan pada hari Rabu, tanggal 8 Mei, pukul 09.00 Wita – selesai. Tempatnya, di Aula Gereja Paroki St. Petrus Rasul, Tuak Daun Merah (TDM).

“Sebuah kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi orang Toraja, khususnya kita yang beragama Katolik, didatangi dan bertatap muka dengan Yang Mulia Bapa Uskup, Mgr. Fransiskus Nipa. Moment ini sangat langka dan pastinya akan selalu kita kenang. Karena itu, saya mengimbau kepada seluruh warga Toraja yang ada di Kupang, mari mengambil bagian dalam pertemuan ini,” imbuh Ketua PUKAT Kota Kupang, Yudit Palentek kepada RakyatNTT.com.

Hal senada disampaikan Ketua KKT Kupang-NTT, Daud Mengesa’. Dikatakannya, pertemuan dengan tokoh spritual sekelas Uskup Agung Makassar, merupakan moment penting dan banyak ditunggu masyarakat Toraja, tidak terkecuali Sangtorayan yang ada di Kupang. “Ayo bapa/mama Sangtorayan yang rindu mau bertemu bapa Uskup Agung Makassar, Mgr. Fransiskus Nipa. Beliau orang Toraja asli dari Makale. Nantinya kita bisa sharring pengalaman dan informasi, khususnya peran gereja dalam pembangunan di Toraja, termasuk banyaknya musibah yang dialami warga Toraja saat ini,” tandas Daud Mangesa’.

Sekedar tahu, Yang Mulia Bapa Uskup Mgr. Fransiskus Nipa lahir 29 Januari 1964 di Makale, Tana Toraja, dari pasangan (bapak) Yakobus Duma’ Nipa dan (ibu) Yohana Maria Angka. Mgr. Fransiskus Nipa adalah Pastor Paroki Katedral Makassar. Mgr. Fransiskus Nipa secara resmi ditunjuk Paus Fransiscus pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Mgr. Fransiskus Nipa ditahbisan sebagai Uskup Agung Makassar pada 1 Februari 2024, oleh Piero Pioppo.

Selain kedatangan Yang Mulia Bapa Uskup Mgr. Fransiskus Nipa dari Keuskupan Agung Makassar, juga akan hadir Yang Mulia Bapa Uskup Mgr. Petrus Boddeng Timang dari Keuskupan Agung Banjarmasin. Namun belum diperoleh informasi, apakah Yang Mulia Bapa Uskup Mgr. Petrus Boddeng Timang akan ikut hadir dalam pertemuan bersama Yang Mulia Bapa Uskup Mgr. Fransiskus Nipa. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *