oleh

Angka Positif Covid-19 Naik, Pemkab Ende Siap Berlakukan PPKM Darurat

Iklan Demokrat

Ende, RNC – Angka positif covid-19 di Kabupaten Ende masih terus meningkat. Hal ini membuat pemerintah setempat mengambil kebijakan menerapkan PPKM darurat. Hal ini disampaikan Bupati Ende, Djafar Ahmad, Sabtu (3/7/2021).

Menurutnya, PPKM darurat merupakan langkah efektif mengingat lonjakan covid-19 cukup tinggi. Saat ini sudah mencapai 435 orang positif berdasarkan data Satgas Covid-19 Kabupaten Ende.

Iklan Dimonium Air

Djafar mengatakan akan segera mengadakan pertemuan dengan Sekda, Asisten, dan Forkopimda untuk membahas lebih lanjut persiapan PPKM darurat. Selanjutnyak disampaikan kepada DPRD. “Karena berbicara tentang PPKM darurat ini yang harus dipikirkan adalah dampak ekonominya. Kita harus mempersiapkan pendanaan dan yang terpenting kita harus cepat menentukan sikap,” ujarnya.

Ia mengatakan perlu ada data sektor UKM yang perlu dibantu. Dengan demikian pemerintah tidak boleh gagabah dalam mengambil keputusan. “Kita harus melihat kekuatan kita berapa. Ini yang perlu dipikirkan secara cepat, cermat dan efisien sehingga saat PPKM darurat berlangsung tidak terjadi goncangan ekonomi yang signifikan,” ujarnya.

Ia juga meminta camat dan lurah melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat dan pemuka agama untuk membatasi kegiatan-kegiatan, sehingga mengurangi perkumpulan massa seperti pesta-pesta. “Saya tekankan ASN yang kedapatan menghadiri acara atau hajatan akan diberikan sanksi,” kata Djafar.

Selanjutnya, kata dia, akan dilakukan blokade pintu masuk Kabupaten Ende di bagian barat dan timur. Selanjutnya, apabila dalam satu-dua hari ini angka positif covid-19 masih terus meningkat, maka perjalanan udara pun diperketat, yakni penumpang wajib membawa surat keterangan vaksin selain hasil swab. Kantor-kantor juga akan diliburkan dan jam malam akan diberlakukan dengan melibatkan unsur TNI dan kepolisian.

Djafar juga mengimbau pedagang agar tidak menaikkan harga barang saat pemberlakukan PPKM darurat nanti. Djafar memastikan aparat kepolisian bersama Sat Pol PP akan rutin memantau, sehingga jika kedapatan ada pedagang yang menaikkan harga, maka akan dikenakan sanksi.

Baca Juga:  Ende Masuk Kategori Kurang Baik Berdasarkan Penilaian Kinerja Pelayanan Publik

Bupati Djafar juga berharap dukungan dari berbagai elemen masyarakat, termasuk adanya kesadaran masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga dapat mengurangi angka positif covid-19. (rnc16)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed