oleh

BMKG: Sebagian Besar Wilayah NTT Diguyur Hujan Lebat dan Angin Kencang

Kupang, RNC – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat dan angin kencang melanda sebagian besar wilayah NTT pada kurun waktu 26-28 Desember 2021.

Dalam rilis yang diterima media ini, pada 27 Desember terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat, yang terjadi di wilayah Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flotim, Lembata, Alor, Belu, TTU, Malaka, TTS, Kab. Kupang, Kota Kupang, Rote, Sabu, Sumba Barat, Sumba Timur, SUmba Tengah, dan SBD.

Iklan Dimonium Air

Selanjutnya, wilayah yang berpotensi angin kencang, yakni Sikka, Ende, Flotim, Lembata, Alor, Pulau Timor, Pulau Sumba, Sabu dan Rote.

Kemudian pada tanggal 28 Desember, hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flotim, Lembata, Alor, Belu, TTU, Malaka, TTS, Kab. Kupang, Kota Kupang, Rote, Sabu, Sumba Barat, Sumba Timur, Sumba Tengah dan SBD.

Sementara wilayah yang berpotensi dilanda angin kencang yakni Sikka, Ende, Flores Timur, Lembata, Alor, Pulau Timor, Pulau Sumba, Sabu dan Rote.

“Posisi matahari saat ini berada di belahan bumi selatan (BBS) menyebabkan Indonesia pada umumnya sudah memasuki musim hujan. Waspada potensi pertumbuhan bibit siklon tropis di selatan NTT. Waspada cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang, hujan es, puting beliung yang dapat menyebabkan bencana hidrimeteorologi seperti banjir, tanah longsor dan gelombang tinggi,” demikian imbauan BMKG yang ditandatangani Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi, S.Si.

(*/rnc)

Baca Juga:  BMKG: Waspada Ancaman Banjir Rob di Pesisir Flores, Timor, Sumba, Alor dan Rote

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed