oleh

Gelombang Setinggi 6 Meter Ancam Perairan NTT, Hati-hati Lakukan Perjalanan Laut

Kupang, RNC – Peringatan dini gelombang tinggi untuk sejumlah wilayah dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG Maritim setelah memantau adanya angin yang bertiup di wilayah Indonesia bagian utara, bergerak dominan dari utara ke timur laut pada hari Jumat (14/1/2022. Kecepatan angin berkisar antara 5-25 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan, angin bergerak dari arah barat daya ke barat laut. Kecepatan angin lebih tinggi, yaitu 8-30 knot.

banner BI FAST

Seperti dilansir dari Tempo.co, kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Laut Jawa bagian timur, Laut Bali, Laut Sumbawa, Laut Flores, Samudra Pasifik Utara Halmahera, perairan Kepulauan Talaud-Sangihe, perairan selatan NTT, Laut Sawu dan Samudra Hindia selatan bagian NTT.

Perkiraan tinggi gelombang dengan kategori sangat tinggi, 4-6 meter, berpeluang terjadi di perairan utara Kepulauan Sangihe, perairan Kepulauan Talaud, Samudra Pasifik Utara Halmahera dan Samudra Hindia Selatan NTB hingga NTT.

Adanya perkiraan tinggi gelombang di atas 4 meter dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot, diharapkan kapal berukuran besar seperti kapal kargo dan pesiar untuk yang berada pada wilayah tersebut untuk berhati-hati dalam melakukan pelayaran.

(*/tmp/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed