oleh

NTT Dilanda Cuaca Ekstrem 22-26 Desember, Angin Kencang hingga Gelombang 4 Meter

Jakarta, RNC – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait daerah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem pada periode 22-26 Desember 2021.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan sejumlah daerah diprediksi akan diguyur hujan ringan-lebat, diterjang angin kencang sampai naiknya tinggi gelombang. Hal itu, berkaitan dengan temuan suspect area potensi bibit siklon di timur laut Arafura.

“Selama 24 jam dalam periode 7 hari ke depan terus melakukan pemantauan potensi terjadinya bibit siklon tropis yang dapat berdampak pada kondisi cuaca dan gelombang secara signifikan di Indonesia,” kata Dwikorita dalam konferensi pers daring, Rabu (22/12) dilansir CNNindonesia.

Dwikorita menyampaikan berdasarkan pemodelan BMKG, probabilitas menjadi siklon tropis di hari Kamis (23/12) atau 24 jam ke depan potensinya masih rendah.

Namun, kata dia, pada Jumat (24/12) potensi meningkat dari rendah menjadi sedang. Kemudian pada Sabtu (25/12) potensi meningkat lagi dari sedang menjadi tinggi.

“Dan di hari Minggu diprakirakan menjadi tinggi,” ucapnya.

Berikut beberapa daerah yang diperkirakan akan terdampak cuaca ekstrem pada periode 22-26 Desember.

Hujan ringan sampai lebat

– Nusa Tenggara Barat
– Nusa Tenggara Timur
– Maluku

Angin kencang

– Sulawesi Tenggara
– Nusa Tenggara Timur
– Maluku

Kenaikan gelombang 1,25 – 2,5 meter

– Laut Seram
– Perairan Kaimana
– Perairan Kepulauan Aru
– Perairan Kepulauan Semata hingga Tanimbar
– Perairan Amamapare hingga Agats bagaian utara
– Laut Arafuru

Kenaikan gelombang 2,5 – 4,0 meter

– Laut Flores bagian Timur
– Perairan Selatan Baubau – Kepulauan Wakatobi
– Laut Banda
– Perairan Kepulauan Kai
– Perairan Fakfak

Terkait itu, Dwikorita mengaku pihaknya akan terus melakukan pemantauan perkembangan sistem bibit siklon dan potensi dampak cuaca ekstrem tersebut. Selain itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat dan pihak terkait tetap waspada.

Baca Juga:  Maju Pilkada NTT, Emi Nomleni Daftar di PAN

“Terkait potensi cuaca ekstrem tersebut BMKG mengimbau masyarakat untuk menghindari pelayaran di wilayah perairan terdampak terutama pada hari hari yang telah kami sampaikan,” ucapnya.

(*/cnn/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *