oleh

Dispendukcapil Kota Kupang Berhenti Cetak E-KTP, Ini Penyebabnya

Kupang, RNC – Pelayanan pencetakan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang mulai hari ini, Selasa (13/7/2021) dihentikan sementara. Pasalnya, tinta atau ribbon dan film untuk pencetakan E-KTP sudah habis, sekalipun ketersediaan blanko masih banyak. Informasi ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Kota Kupang, Agus Ririmase kepada RakyatNTT.com.

Menurut Agus, kondisi (kekosongan tinda dan film, red) tersebut telah diprediksi bakal terjadi. Sebab makin banyak masyarakat yang mengurus E-KTP. Baik untuk mengikuti seleksi CPNS, masuk perguruan tinggi dan lain sebagainya. Sayangnya, anggaran yang diusulkan dinasnya melalui Pemerintah Kota Kupang kepada DPRD dalam pembahasan anggaran murni 2021 pada akhir 2020 lalu, tidak disetujui.

“Kondisi ini diakibatkan karena anggaran yang diusulkan pemkot tidak disetujui DPRD,” ujar Asisten I Setda Kota Kupang itu.

Agus mengatakan, dalam sidang LKPJ Wali Kota tahun 2020 yang diselenggarakan baru-baru ini, dia sudah menyampaikan potensi persoalan tersebut. Ketika itu, stok ribbon dan film hanya bisa dipergunakan dalam dua pekan ke depan.

Agus berharap, kondisi ini bisa menjadi perhatian serius pemerintah dan DPRD Kota Kupang agar penganggarannya mendahului pembahasan anggaran. Dengan demikian, pencetakan E-KTP di Dispendukcapil bagi masyarakat bisa kembali normal.

“Saya berharap Dispendukcapil bisa diberikan perhatian. Kami baru dapat melayani pencetakan E-KTP, jika ribbon dan film sudah ada. Jika tidak maka pelayanan belum dapat dilakukan,” pungkasnya. (rnc04)

Baca Juga:  Maju Pilwalkot 2024, Simak 12 Program Ikonik Jeriko di Periode 2017-2022

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *