oleh

Info BMKG: Terjadi Gempa dari Ambarawa sampai Bombana hingga Tambolaka

Iklan Demokrat

Jakarta, RNC – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat terjadi pada pukul 21.58 WIB, Sabtu (23/10/2021). Pusat gempa berada di laut, lima kilometer arah tenggara Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Guncangan gempa berkekuatan Magnitudo 4,6 dari kedalaman 10 kilometer tersebut terukur hingga skala IV MMI di Tambolaka. Pada skala ini, gempa mampu membuat pintu dan jendela berderit serta gerabah pecah.

Iklan Dimonium Air

Dilansir dari tempo.com, BMKG juga mencatat gempa terjadi di Poleang Tenggara, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Gempa berkekuatan Magnitudo 2,8 tepatnya terjadi pada pukul 19.07 WIB. Berasal dari laut, 13 kilometer barat daya Poleang Tenggara, di kedalaman 10 kilometer, intensitas gempa ini terukur pada skala III MMI di Poleang Timur.

Skala III MMI biasa digunakan untuk getaran gempa yang bisa dirasakana nyata di dalam rumah, seakan ada truk melintas.

Secara keseluruhan laman BMKG mencatat enam kejadian gempa sepanjang Sabtu kemarin. Tiga di antaranya tercatat terjadi di Ambarawa, Jawa Tengah, yakni pada pukul 00.32, 09.34, dan 09.51 WIB. Kekuatannya terukur pada magnitudo 3,0-3,3 dengan intensitas II MMI atau guncangan lemah.

Kejadian gempa terkini di Kota Ambarawa bahkan masih dicatat hingga pukul 21.11 WIB, meski tak dicatat sebagai gempa yang bisa dirasakan. Berkekuatan Magnitudo 2,9, gempa itu disebut sebagai yang ke-24 sepanjang Sabtu kemarin. (*/tmp/rnc)

Baca Juga:  Maria Imaculata Mey Ang Raih Tiga Gelar Juara di Ajang Putri Pariwisata SBD 2021

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed