oleh

Jelang Pilkada 2020, Waka Polda NTT Janji Polri Netral

Kupang, RNC – Sejumlah kabupaten di Provinsi NTT menggelar Pilkada pada 9 Desember 2020. Tahapan Pilkada pun sudah dimulai oleh penyelenggara. Terkait dengan itu, Waka Polda NTT, Brigjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum berkunjung ke partai politik dengan mendatangi sekretariat partai politik.

Kamis (9/7/2020), jenderal bintang satu ini mendatangi sekretariat DPD PDI Perjuangan Provinsi NTT di Jalan Piet A. Tallo, Kelurahan Oesapa Selatan, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

BACA JUGA: Mendagri Minta Influencer Medsos ‘Panaskan’ Pilkada 2020

Waka Polda yang didampingi Direktur Intelkam Polda NTT, Kombes Pol Jourdy Mailoor dan Direktur Lalu Lintas, Kombes Pol Recky Laurens Iroth, SIK diterima ketua DPD PDI Perjuangan, Ir Emilia J. Nomleni dan jajarannya.

Kegiatan ini diakui Waka Polda NTT sebagai sarana edukasi dan sosialisasi Satgas Nusantara sebagai salah satu upaya Polri untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif dalam rangka menciptakan Pemilu yang aman dan damai.

Terkait Pilkada 2020, Waka Polda menyebutkan kalau Polri telah membentuk Satgas Nusantara untuk menciptakan pemilu yang aman dan kondusif. Salah satu kegiatan Satgas Nusantara yaitu tatap muka bersama partai politik, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat serta mengimbau agar pilkada berjalan kondusif dengan tidak memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. “Juga untuk membangun sinergitas antara Polri dan partai politik agar sama-sama mengawal jalannya Pemilu di daerah tetap aman dan tenteram,” ujar jenderal bintang satu ini.

Waka Polda berharap agar partai politik di daerah dapat membangun hubungan baik dengan Polri guna menjaga situasi dan kondisi di setiap daerah tetap aman dan kondusif. “Polri tetap menjaga netralitas dalam menghadapi Pemilu yang akan dilaksanakan di 10 daerah di NTT,” tegas Waka Polda NTT.

Polri juga akan terus aktif melakukan kunjungan serta memberikan imbauan kepada Parpol, para calon dan kepada para pendukung serta tokoh politik agar wajib menjaga situasi yang aman dan kondusif saat pilkada mendatang dengan slogan siap kalah siap menang maupun berbagai deklarasi damai.

Pada kesempatan yang sama, direktur Intelkam Polda NTT menjelaskan terkait penerbitan SKCK untuk calon harus diurus di Polda NTT agar bisa dilakukan rekam jejak terkait bakal calon yang akan maju dalam pilkada tahun 2020 mendatang.

Ir. Emilia J. Nomleni, Ketua DPD PDIP Provinsi NTT berjanji akan tetap berkomunikasi dengan Polri dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada agar Pilkada serentak dapat berjalan aman, damai dan tenteram.

Bawaslu Sebut Pilkada 2020 Hadapi Masalah Netralitas ASN dan Politik Uang

Ketua DPRD Provinsi NTT ini pun berjanji kalau pihaknya akan menyampaikan ke pengurus partai kabupaten agar membangun hubungan dan relasi yang baik dengan Polri dengan tetap menjaga netralitas Polri.

Sebanyak 9 kabupaten di NTT yang menggelar Pilkada masing-masing Kabupaten Sumba Barat, Sumba Timur, Sabu Raijua, Timor Tengah Utara (TTU), Belu, dan Malaka. Selain itu ada Kabupaten Ngada, Manggarai Barat dan Manggarai. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed