oleh

Kemendagri Pastikan Data Orient Masih Ada di Simduk dan SIAK

Iklan Covid Walikota Kupang

Jakarta, RNC – Bupati terpilih Sabu Raijua, Orient P Riwu Kore disebut mengantongi kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) Kota Kupang pada 2020. Sebelumnya, Orient mengantongi KTP DKI Jakarta.

“Yang bersangkutan (Orient) sejak 1997 (terdaftar di) Sistem Informasi Manajemen Kependudukan (Simduk) beralamat di DKI Jakarta,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh seperti dikutip dari Medcom.id, Rabu (3/2/2021).

Iklan Dimonium Air

Zudan tengah berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkuham) untuk memastikan Orient telah mengurus perpindahan kewarganegaraan. Pasalnya, Kemenkuham rutin memberikan data ke Dukcapil Kemendagri jika ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi warga negara asing (WNA) dan sebaliknya.

“Tembusan surat keputusan WNA yang jadi WNI dan WNI jadi WNA dari Kemenkuham untuk selanjutnya kami proses ke data base Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK),” jelasnya.

Data kewarganegaran dari Kemenkumham itu menjadi dasar untuk dukcapil menerbitkan KTP-el. Oleh karena itu, Dinas Dukcapil Kota Kupang tidak menaruh kecurigaan saat menerbitkan KTP-el milik Orient.

BACA JUGA: Terkait Status Orient Riwu Kore, Kemendagri Koordinasi dengan Kemenkumham

“Dukcapil tidak tahu bahwa yang bersangkutan punya paspor negara lain dan data yang bersangkutan masih ada dalam Simduk dan Siak,” jelasnya.

Status kewarganegaraan Orient Riwu menuai polemik. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sabu Raijua mengungkap fakta Orient merupakan warga negara AS. Hal tersebut diketahui setelah mengonfirmasi langsung ke Kedutaan Besar AS untuk Indonesia.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeklaim sudah memverifikasi dan memvalidasi berkas kependudukan Orient sebagai syarat pencalonan. Seluruh berkas tidak ada yang menunjukan Orient sebagai warga negara AS.

“Dia (Orient) warga negara Indonesia (WNI) berdasarkan dokumen kependudukan karena kami berbasis dokumen kependudukan (yang) diserahkan,” ujar Ketua KPU NTT Thomas Dohu.

KPU NTT juga telah mengonfirmasi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kupang selaku yang menerbitkan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) milik Orient. Dinas Dukcapil setempat memastikan Orient terdaftar sebagai warga Kupang yang beralamat di RT03/RW 01, Nunbaun Sabu, Kecamatan Alak.
(*/mdc/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed