oleh

Megawati akan Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Ende

Ende, RNC – Megawati Soekarnoputri dipastikan menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 di Kota Ende, Kabupaten Ende. Kehadiran putri pertama proklamator kemerdekaan ini dalam kapasitas sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Hal ini disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Ende, Geby Dala yang juga merupakan Ketua Parade Ppesona Kebangsaan Kabupaten Ende, dalam konferensi pers, Kamis (30/5/2024) di rumah jabatan Bupati Ende. Konpers ini juga dihadiri Penjabat Bupati Ende, Dr. Agustinus Ngasu dan perangkat forkompinda.

“Untuk upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni nanti akan dipimpin langsung Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake,” kata Geby.

Pada kesempatan itu, Ketua Jaringan Kota Tapak Sejarah Forum Kabupaten Ende Kanis Poto menjelaskan upacara akan dihadiri perwakilan dari 22 kabupaten/kota dan para bupati/walikota se-NTT.

Puncak peringatan Hari Lahir Pancasila akan dipentaskan tonil sejarah Bung Karno bertempat di Museum Tenun Ikat pukul 19.30 wita dan disaksikan langsung oleh Megawati Soekarnoputri.

Penjabat Bupati Ende, Dr. Agustinus Ngasu mengajak masyarakat dari semua lapisan untuk turut serta berpartisipasi dan melancarkan hajatan akbar tersebut.

Menurutnya, pelaksanaan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni bukan hanya menitikberatkan pada meriahnya acara, tapi untuk merefeksikan sila-sila yang termuat dalam Pancasila. “Ini merupakan bentuk perjuangan Kabupaten Ende untuk mendapat pengakuan dari pemerintah pusat dengan dikeluarkannya surat keputusan presiden yang menyatakan bahwa Ende sebagai rahimnya Pancasila,” kata Agustinus. (rnc16)

Ikuti berita terkini dan terlengkap di WhatsApp Channel RakyatNTT.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *