oleh

Soal Potongan Honor Dokter PTT, Ini Penjelasan Kadinkes Kota Kupang

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang drg. Retnowati akhirnya angkat bicara soal gaji dokter PTT lingkup Pemerintah Kota Kupang yang mengalami pemotongan.

Ditemui RakyatNTT.com di ruang kerjanya, Rabu (31/3/2021) sore, Retno menjelaskan tidak ada persoalan dengan gaji dari 28 dokter PTT di Pemkot Kupang.

Iklan Dimonium Air

Ia menjelaskan, sesuai dengan DPA gaji pokok dokter PTT sebesar Rp2.250.000. Ditambah tunjangan jabatan operasional 1.750.000 dan tunjangan BPJS Kesehatan yang dibantu Pemerintah Kota senilai Rp 160.000. Dengan demikian, total yang diterima sebesar Rp 4.160.000 per bulan.

Potongan wajib yang dikenakan kepada dokter-dokter adalah iuran BPJS Kesehatan Pemerintah Daerah Rp 160.000. PTT menanggung 1% untuk iuran BPJS yaitu Rp 40.000.

“Sehingga total potongannya menjadi Rp 200.000, sehingga mereka menerima gaji bersih yang dibayarkan oleh dinas adalah sebesar 3.960.000 dan itu dibayar secara period, tidak tunai langsung masuk ke rekening dokter PTT,” jelas Retno.

BACA JUGA: Gaji Dokter PTT Dipotong Dinkes Kota Kupang tanpa Ada Kejelasan

Oleh karena itu, ia memastikan tak ada pemotongan gaji yang bersifat pribadi ataupun fee yang diterima setiap petugas di Dinas Kesehatan Kota Kupang. Hal ini berdasarkan DPA. Sementara untuk SK Wali Kota Kupang, dikatakan sering ada kesalahan saat diproses oleh BKPPD Kota Kupang.

“Gaji dari dulu seperti itu sesuai dengan DPA. Kalau pun ada kesalahan SK itu pun nanti diperbaiki. Kita tetap membayar sesuai dengan DPA-nya. Jadi kita tidak bisa membayar lebih dari DPA,” pungkas Retno.

Selanjutnya, Sekretaris Dinkes, Rudy Priyono menyampaikan ada 2 bentuk pemotongan gaji yakni 1% untuk BPJS Ketenagakerjaan dan 4% BPJS Kesehatan.

Ia juga menyampaikan untuk pembayaran gaji di tahun 2021 ini sempat terjadi kendala pada awal tahun ini, namun dipastikan dibayar secepatnya. “Ndak ada potongan yang dikatakan ndak resmi,” katanya. (rnc04)

  • 101
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed