oleh

Tidak Mau Vaksin, Warga di Desa Ini Beralasan Takut Jarum hingga Mabuk Miras

Mbay, RNC – Kepala Puskesmas Boawae, Wilfrida Daeny melaporkan bahwa jumlah target vaksinasi dosis pertama sebanyak 100 orang. Yang berhasil divaksin sebanyak 51 orang. Hal tersebut dijelaskan Kapus Boawae saat dihubungi Kamis (6/1/2022) sore usai kegiatan vaksinasi.

“Jumlah target vaksin dosis 1 adalah 100 orang, namun yang berhasil divaksin hanya 51 orang. Target sasaran dosis 2 berjumlah 567, namun yang berhasil divaksin baru 499 orang,” ungkap Eny.

Iklan Dimonium Air

Disebutkan, pihaknya sudah cukup maksimal menyampaikan pengumuman kepada masyarakat. Namun saat vaksinasi, masih banyak warga sasaran yang tidak datang vaksin dengan berbagai alasan.

Banyak yang beralasan sudah telanjur ke kebun. Ada pula yang memang sudah menerima vaksin di desa tetangga. Bahkan ada warga yang takut jarum. Ada juga yang tidak mau vaksin karena malam sebelumnya begadang. Bahkan ada yang mengaku mabuk miras. Menurut dia, jika alasan tidak tahu jadwal, hal ini bisa diupayakan bersama oleh berbagai pihak untuk sosialisasi dan mobilisasi lagi melalui berbagai saluran media komunikasi yang ada.

Sedangkan yang tidak mau divaksin, mesti ada alasan yang mendasar dan bisa dipertanggungjawabkan. Apalagi vaksinasi ini erat kaitan dengan perlindungan diri warga dan juga orang lain dari ancaman penularan Covid-19 termasuk varian baru Omicron yang sangat berbahaya.

Kapolres Nagekeo, AKBP A. Hendrik Fai S.H., M.H, yang juga Wakil Ketua II Satgas Covid-19 Kabupaten Nagekeo sudah menguarkan surat imbauan tentang Percepatan Vaksinasi Covid-19 di wilayah kerjanya.

“Kami mencatat dua hal dari imbauan. Pertama, setiap warga yang bepergian keluar rumah diharapkan membawa serta kartu vaksin. Sesewaktu akan dilakukan pemeriksaan oleh tim satgas percepatan Vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Selanjutnya, kedua, masyarakat tidak perlu ragu dan bimbang karena vaksin yang digunakan saat ini terbilang aman, halal dan berkualitas. Kemudian, mengantisipasi percepatan pencapaian target vaksinasi Covid-19 selama 100 hari ke depan, Satgas Covid-19 Kabupaten, Kecamatan hingga desa/kelurahan dan RT, terus bergerak untuk saling memberi tahu dan mengerahkan semua warga agar memanfaatkan kesempatan ini untuk menerima vaksinasi.

Baca Juga:  Luar Biasa! Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Kezewa Buka Gerai Vaksinasi Presisi

“Ayo, mari lindungi diri dan keluarga serta warga sekitar dengan menerima vaksinasi Covid-19 di tempat-tempat yang telah disediakan,” pungkas Eny. (rnc15)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed