oleh

Tujuh “Fukun” Adat Kateri Dukung Paslon SN-KT untuk Bangun Lembaga Adat

Betun, RNC – Tujuh tokoh adat dan tokoh masyarakat Kateri dengan tegas mendukung penuh salah satu program Paslon Simon Nahak-Kim Taolin (SN-KT) yaitu pengembangan lembaga adat di Kabupaten Malaka. Alasannya Malaka adalah salah satu kabupaten yang masih kuat dan kental dengan adat dan kebudayaan.

Donatus Mau, tokoh adat Kateri sekaligus tokoh masyarakat dalam orasi politiknya, Rabu (14/10/2020), menyatakan dengan tegas untuk mendukung paket SN-KT yang bertekad untuk membangun lembaga dan balai adat, termasuk memberi insentif kepada para kepala suku.

Ia menambahkan adat dan kebudayaan perlu terus dilestarikan demi generasi yang akan datang. Oleh karena itu, perlu peran pemerintah. Ini yang menjadi alasan dirinya mendukung paket SN-KT.

BACA JUGA: Ingat Pesan Mendiang ‘Pah Bouk’, Keluarga Taolin Komit Dukung SN-KT di Pilkada Malaka

Simon Nahak dalam orasinya di Desa Kateri, Kecamatan Malaka Tengah, mengatakan lembaga adat tidak boleh diabaikan dalam pembangunan dan pemerintahan. Lembaga adat punya peran penting dalam pembangunan. “Paslon SN-KT siap memberi ruang kepada lembaga adat untuk berpartisipasi dalam pembangunan,” kata Simon.

Simon mengajak warga Desa Kateri untuk memberi kepercayaan dan memilih Paslon SN-KT agar menjalankan beberapa program kegiatan, di antaranya membangun Balai Adat di desa dan memberi insentif kepada pemangku adat. Alasannya, pemangku adat selalu disibukkan ketika urusan adat. Akan tetapi, nasib dan haknya dalam pembangunan tidak diperhatikan. “Desa Adat mudah dibangun karena regulasi yang memungkinkan pembentukannya. Undang -undang desa memberi ruang yang cukup untuk pembentukan desa adat demi pemenuhan hak-hak lembaga adat,” jelas Simon. (rnc11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed