oleh

Undana Catat Prestasi, Prodi BK Dapat Peringkat UNGGUL dari LAMDIK

Kupang, RNC – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Program Studi (Prodi) Bimbingan Konseling (BK) pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana (Undana). Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) melalui Keputusan Nomor: 347/SK/LAMDIK/Ak/S/III/2024 menetapkan peringkat akreditasi “UNGGUL” terhadap Prodi Bimbingan Konseling dengan nilai 367.

Rektor Undana, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc menyampaikan apresiasi atas capaian Prodi BK, yang berhasil meraih akreditasi unggul. “Kita bersyukur. Ini tidak kebetulan, tetapi semuanya atas kehendak Tuhan,” ujar Prof. Maxs Sanam didampingi jajaran pimpinan Rektorat Undana ketika melakukan tatap muka dengan jajaran dosen Prodi BK di Kampus II Undana, Rabu (24/4/2024).

Menurut Rektor, di balik capaian ini ada tuntutan masyarakat, khususnya mahasiswa agar pelayanan yang dilakukan bisa semakin baik. “Kita harus buktikan kepada masyarakat luas bahwa kita layak mendapat akreditasi unggul. Ada hal-hal yang kurang, kita tentu akan benahi menjadi lebih baik, sehingga pada saatnya, kita akan dorong untuk akreditasi internasional,” beber Prof. Maxs Sanam.

Ia menambahkan, Prodi BK perlu menjadi motivator dan inspirator bagi prodi lain untuk meningkatkan status akreditasi.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. drh. Annytha Ina Rohi Detha, M.Si pada kesempatan itu ikut mengapresiasi prestasi yang diraih Prodi BK. “Saya sangat mengapresiasi, karena dari sekian prodi yang ada, Prodi BK bisa meraih akreditasi unggul,” ujarnya.

Menurutnya, ini merupakan kebahagiaan tersendiri. Namun di balik akreditasi unggul ini, pelayanan kepada mahasiswa harus berbeda dari sebelumnya.

WR II Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Paul G. Tamelan, M.Si juga menyampaikan hal senada. “Prestasi ini perlu dipertahankan agar saat reakreditasi tidak menurun status akreditasi dari yang ada saat ini,” ujar Dr. Paul Tamelan.

Baca Juga:  Tingkatkan Kompetensi Dosen, LP3M Undana Gelar PEKERTI Batch 1 dan 2 2024

WR III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc juga turut menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas keberhasilan Prodi BK, meraih akreditasi unggul. “Kami berharap dengan akreditasi unggul ini. Jajaran prodi bisa mendorong mahasiswa agar mengikuti sejumlah perlombaan mahasiswa skala nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan WR IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi (Renkerma SI), Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng. “Proficiat atas capaian teman-teman pada Prodi BK. Ini merupakan komitmen Rektor Undana untuk meningkatkan (status) akreditasi,” tuturnya.

Untuk mendukung layanan, WR IV mengatakan, dirinya bersama WR II siap jika mendapat disposisi Rektor Undana untuk mendukung peningkatan layanan tridharma Prodi BK, serta sejumlah hal penting lainnya.

Dekan FKIP, Dr. Malkisedek Taneo, M.Si juga menyampaikan kebanggaan dan apresiasinya, karena Prodi BK mendapat akreditasi unggul. Ia menambahkan, jajaran pimpinan FKIP akan mendukung kerja-kerja tri dharma yang dilakukan BK untuk memberikann pelayanan terbaik bagi mahasiswa.

Terkait permintaan Ketua Prodi BK FKIP, Andriani P. Nalle, S.Psi., M.Ed (CPEP) terhadap berbagai kekurangan yang masih dimiliki Prodi BK. Rektor Prof. Maxs dan jajarannya memastikan akan menjawab sesuai dengan kebutuhan prioritas, seperti bantuan Tri Dharma sebesar Rp 250 juta, serta kebutuhan urgen lainnya. Dengan begitu, Prodi BK bisa semakin diminati masyarakat khususnya calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar nanti.

Untuk diketahui, kegiatan asesmen lapangan Prodi BK, sebelumnya dilaksanakan pada tanggal 1-2 Maret 2024 dengan tim asesor yaitu Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., M.Pd dan Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd., Kons. Akreditasi unggul tersebut mulai berlaku sejak 17 April 2024 hingga 17 April 2029. (*/rfl/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *