oleh

Nyongki Selan Ingin Dana Desa jadi Gerbang Bangkitnya Ekonomi Masyarakat Desa Nulle

Iklan Demokrat

SoE, RNC – Calon Kepala Desa Nulle nomor urut 3, Nyongki Imanuel Selan, mempunyai gagasan mengangkat sejumlah potensi desa guna meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat. Hal tersebut disampaikannya saat bincang-bincang bersama Komunitas Pemuda Neonmat di kediamannya, Selasa (16/11/2021).

Sosok yang akrab disapa Imen ini mengungkapkan, Desa Nulle mempunyai potensi yang luar biasa, namun belum dilirik oleh pemimpin-pemimpin sebelumnya.

Iklan Dimonium Air

Potensi pertanian lahan basah hingga kering, dan perikanan air tawar serta hasil hutan merupakan sebagian contoh kekayaan yang perlu dioptimalkan.

Ia menyebutkan, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) harus memiliki peran aktif untuk mengaktifkan sektor ekonomi. Oleh karena itu, manajemen BUMDes yang selama ini buruk perlu diperbaiki. “BUMDes ini belum dioptimalkan. Kita punya unit koperasi sehingga harus mengurangi beban rakyat. Tidak saja soal uang, tapi harus mendukung dengan pupuk, bibit, peralatan dan pendampingan. Ini menjadi prioritas saya,” ungkapnya.

Imen juga mengatakan, potensi pertanian seperti bawang, jagung dan sayuran harus dikembangkan menjadi lebih baik. Oleh karena itu, harus ada pendampingan agar petani bisa leb ih maju dan berorientasi bisnis. “Oleh karena itu manajemen BUMDes harus diperbarui. BUMDes harus memfasilitasi pemasarannya,” katanya.

Imen mengatakan, jika terpilih menjadi kepala desa, dana desa diotimalkan untuk membangun ekonomi masyarakat. “Kita punya anak muda. Kita punya petani tulen, dana yang ada harus diprioritaskan bagi kelangsungan hidup rakyat, dan bisa berinovasi melalui menajemen yang terpadu,” pungkasnya. (rnc26)

Baca Juga:  Jadi Tersangka, IRT yang Bunuh Suami di TTS Terancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed