oleh

Dua Guru Besar Gagal Melaju ke Putaran II Pemilihan Rektor Undana

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Pemilihan Tahap I Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) berlangsung di Gedung Auditorium Undana, Kamis (26/8/2021). Dari 5 bakal calon, hanya 3 nama yang lolos sebagai calon Rektor Undana.

Berikut hasil penghitungan suara yang diterima RakyatNTT.com:

Iklan Dimonium Air

1. Ir. Franky M.S Telupere, MP, Ph.D mendapatkan 10 suara

2. Prof. Dr. Mangadas Lumban Gaol M.Si, mendapatkan 7 suara

3. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc, mendapatkan 21 suara

4. Prof. Dr. Drs. Simon Sabon Ola, M.Hum mendapatkan 4 suara

5. Dr. Yendris Krisno Syamrud S.KM, M.Kes mendapatkan 9 suara

Berdasarkan hasil pemilihan tahap I tersebut, terdapat 2 guru besar yang tidak lolos. Tiga peraih suara tertinggi dipastikan menjadi calon Rektor yang selanjutnya mengikuti pemilihan putaran II.

Ketua Panitia Pilrek UNC, Dr. Siprianus Suban Garak mengatakan, ketiga nama yang meraih suara terbanyak akan diajukan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

Dr. Sipri menambahkan, pengajuan dipastikan dilakukan pekan depan. Panitia tetap berupaya agar berkas yang dibutuhkan kementerian bisa tiba lebih awal. Pasalnya, masih ada tahap penelusuran rekam jejak dan wawancara yang dilakukan Kemenristekdikti terhadap 3 calon yang lolos.  “Karena mereka minta itu paling lambat satu bulan sebelum pemilihan tahap II, maka kita berupaya harus lebih cepat,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Rektor Undana, Prof. Fred Benu menyampaikan apresiasi kepada Panitia Pilrek yang telah melaksanakan Forum Rapat Tertutup serta apresiasi kepada 51 senat yang telah berpartisipasi dalam Pilrek Tahap I. “Dari lima kandidat itu kita sudah mendapatkan tiga calon Rektor yang akan berproses pada tahap II,” katanya.

Ia juga menyebutkan setelah berkas dikirim ke Kemenristekdikti RI, maka 3 nama ini akan mengikuti proses selanjutnya. Pemilihan Tahap II dipastikan akan mengikutsertakan menteri atau perwakilannya. Pasalnya, Menristekdikti memiliki hak suara 35% sedangkan 51 anggota senat 65% dari persentase suara.

Baca Juga:  26 Mahasiswa FK Undana Lulus 100% dalam UKMPPD Tingkat Nasional, Ini Nama-namanya

Prof. Fred menyampaikan tiga nama yang lolos adalah putra terbaik di Nusa Tenggara Timur. Mereka memiliki kemampuan dan kapabilitas yang teruji dan pantas untuk membangun generasi penerus melalui universitas terbesar NTT ini.  “Ketiganya mempunyai kapasitas yang mumpuni untuk menjadi rektor, dan akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh rektor-rektor sebelumnya,” pungkasnya.

(rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed