oleh

Ganjar vs Puan Ujian Jilid II untuk PDIP, Jokowi-Mega di 2014 Terulang

Iklan Demokrat

Jakarta, RNC – Panasnya tensi antara Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo soal Pilpres 2024 dinilai sebagai pengulangan sejarah. Kondisi ini dianggap mirip saat PDIP harus memilih Joko Widodo (Jokowi) atau Megawati Soekarnoputri untuk maju ke Pilpres 2014.

“Ini ujian selanjutnya 2014 jilid II buat PDIP. Kalau PDIP pertarungannya adalah siapa yang akan diusung, Megawati atau Jokowi, akhirnya PDIP memilih Jokowi,” kata pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, kepada wartawan, Senin (24/5/2021) dilansir dari Detikcom.

Iklan Dimonium Air

Pada 2014, akhirnya PDIP memilih Jokowi maju Pilpres berduet dengan Jusuf Kalla. Menurut Hensat, kondisi saat ini mirip dengan 2014, yakni Ganjar yang elektabilitas tinggi dan Puan yang diisukan sudah disiapkan untuk maju Pilpres 2024.

“Hari ini, terjadi lagi, Ganjar yang elektabilitasnya di atas versus Puan yang memang sudah disiapkan sejak lama, gosipnya untuk maju ke pilpres. Jadi sebenarnya pertarungan atau cerita berulang saja dari PDIP,” ujar Hendri.

“Tapi memang dampaknya berbeda kalau memang tetap didorong Mbak Puan, kemungkinan disiapkan sebagai RI-2, baik itu dengan Prabowo atau mungkin dengan Anies Baswedan ya,” sambungnya.

Menurut Hendri, nama Megawati pun masih dijagokan maju Pilpres 2024. Sebab, melihat tren kepala negara di dunia saat ini diisi oleh para tokoh senior.

“Tapi kalau didorongnya Mas Ganjar, kemungkinan memang didorong sebagai RI-1, tapi kita jangan lupa ada satu tokoh lagi yang memang siap dan mumpuni untuk dicalonkan sebagai presiden, yaitu Ibu Megawati sendiri, dan tren sendiri dunia saat ini memang para politisi senior yang kinclong bersinar sebagai orang nomor 1 di negara masing-masing,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tak diundang dalam acara pengarahan kader PDIP yang dilakukan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Hal ini seolah jadi pertanda mimpi Ganjar maju di Pilpres 2024 akan diganjal Puan di tengah jalan.

Baca Juga:  Survei CISA: AHY Menonjol di 16 Provinsi, Anies 13 Provinsi, Ganjar 7 Provinsi

Ganjar diketahui tak diundang dalam acara yang digelar di kantor PDIP Jateng pada Sabtu (22/5/2021). Dalam acara itu, Puan Maharani, yang merupakan putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, memberikan arahan kepada kader PDIP dalam rangka penguatan soliditas menuju Pemilu 2024. (*/dtc/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed