oleh

Jabatan Ketua DWP Kota Kupang Diserahterimakan dari Marthase Benu kepada Lousje Funay

Kupang, RNC – Pada Jumat (14/8/2020) dilaksanakan serah terima Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kupang masa bakti 2020-2024 dari Ketua DWP Kota Kupang periode sebelumnya, Ny. Marthase Benu-Talan kepada Ny. Lousje Marlinda Funay-Pellokila, S.TP. Acara berlangsung di Aula Rumah Jabatan Wali Kota.

Hadir pada kesempatan tersebut hadir Sekretaris Daerah Kota Kupang, Fahrensy P. Funay, S.E., M.Si, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kupang, Elisabeth Lies Rengka, Ketua DWP Periode 2014-2019 Marthase Benu-Talan, Ketua DWP Periode 2020 2024 Lousje Marlinda Funay-Pellokila, S.TP, dan para pengurus serta anggota DWP Kota Kupang.

Sekretaris Daerah Kota (Sekot) Kupang, Fahrensy P. Funay, S.E., M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas diserahterimakannya jabatan Ketua DWP Kota Kupang kepada ketua yang baru, Lousje Marlinda Funay-Pellokila. Sekot juga menyebutkan bahwa DWP memiliki peran yang konstruktif dalam pelaksanaan pembangunan serta dapat berkontribusi dalam upaya pemerintah memajukan serta mensejahterakan masyarakat khususnya di Kota Kupang.

Sekda mengatakan bahwa sebagai salah satu organisasi masyarakat (Ormas) perempuan terbesar di Indonesia, sudah selayaknya dharma wanita persatuan memiliki standing position dan mengambil peran strategis dalam konstalasi pembangunan nasional.

Menurutnya, Dharma Wanita Persatuan memiliki peluang untuk berkiprah lebih luas dengan mengoptimalisasikan peran sertanya sebagaimana yang diatur pada pasal 5 Undang-Undang nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Selain itu, Sekda mengingatkan bahwa peran DWP yang tak kalah penting sebagai organisasi persatuan isteri pegawai negeri sipil aktif, anggota dharma wanita harus dapat memberikan dorongan dan kontribusi kepada suami agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat baik sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat. karena dibalik kesuksesan seorang pria terdapat wanita yang hebat. karir seorang suami akan berjalan sesuai harapan jika didukung oleh keluarga terutama istri dan anak-anak.

Lebih lanjut, Sekda mengatakan dalam menghadapi perkembangan era teknologi yang demikian pesat, dharma wanita persatuan perlu membekali anggotanya dengan pengetahuan dan wawasan agar bisa melihat dan mengetahui tantangan serta perkembangan zaman. Anggota DWP yang merupakan para istri PNS lingkup Pemkot aktif, juga perlu mengetahui arah kebijakan pembangunan Pemkot Kupang sehingga dapat lebih berperan aktif mendukung pembangunan di Kota Kupang, terutama di tahun ke 3 kepemimpinan Wali Kota, Dr. Jefri Riwu Kore dan Wakil Wali Kota, dr. Hermanus Man, “Sebagai para istri PNS aktif di lingkungan Pemerintah Kota Kupang, sudah seyogyanya kita memahami visi misi daerah ini. Mari kita jadikan momentum ini untuk meningkatkan peran serta DWP dalam mendukung suksesnya visi misi Pemkot kedepan,” ujar Sekda.

Kepada ketua yang baru, Sekda Kota Kupang juga menyampaikan beberapa hal antara lain dirinya berpesan bahwa jabatan Ketua DWP Kota Kupang memiliki peran yang tak kalah penting dalam mendukung kinerja suami yang merupakan pejabat pimpinan tinggi di lingkup Pemerintah Kota Kupang dan memiliki tanggung jawab besar dalam mewujudkan program visi dan misi Pemkot Kupang. DWP juga diminta untuk mendukung serta berpartisipasi aktif dalam mensosialisasikan berbagai program pro rakyat perwujudan visi dan misi Pemkot di kalangan masyarakat agar semakin banyak masyarakat yang tersentuh serta turut berpartisipasi dalam pembangunan. Selain itu, DWP juga diminta turut berperan aktif dalam pemberdayaan perempuan untuk kesejahteraan keluarga dan masyarakat kota kupang melalui kegiatan-kegiatan inovatif, bermanfaat serta partisipatif. Lebih lanjut, kepada ketua DWP yang baru, Sekda meminta agar dapat memimpin organisasi dengan adil, bijaksana dan penuh sikap optimis serta memupuk sinergitas dengan pemerintah dan masyarakat Kota Kupang, juga menjalin kemitraan dengan organisasi perempuan dan kemasyarakatan lainnya.

Dia akhir sambutan Sekretaris Daerah Kota Kupang Fahrensy P. Funay, S.E., M.Si. mengharapkan kepada seluruh anggota agar selalu mendukung dan membantu Ketua DWP yang baru dalam mewujudkan tujuan organisasi yang bermuara pada perwujudan visi dan misi pembangunan kota kupang karena DWP Kota Kupang merupakan bagian dari Pemerintah Kota Kupang itu sendiri. Tak lupa Sekda menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kerja keras dan pengabdian Ibu Marthase selama memimpin DWP sejak tahun 2014.

Kemudian, dalam sambutan Ketua DWP Periode 2014- 2019, Marthase Benu Talan pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Bapak Wali Kota, Wakil Wakil Kota beserta seluruh pihak terkait yang selalu aktif di berbagai kegiatan DWP, berkat dukungan dari berbagai pihak itulah maka program DWP dapat terlaksana dengan baik. Ia berharap kedepannya DWP selalu melibatkan setiap anggotanya dalam penyusunan rencana kegiatan, serta dapat mendukung segala program Pemerintah Kota Kupang.

BACA JUGA: Wali Kota Jeriko Serahkan Bansos untuk Penyandang Disabilitas

Dalam sambutannya, Ketua DWP Periode 2020 2024 Lousje Marlinda Funay-Pellokila, S.TP menyampaikan terima kasih kepada Pemkot, Marthase serta para anggota DWP yang hadir atas dukungan dan kerjasamanya sehingga acara sertijab dapat terlaksana dengan baik. Menurutnya, DWP harus berfokus pada tujuan untuk mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota untuk mendukung tercapainya tujuan nasional berdasarkan UUD 1945. “Saya mengajak kita semua untuk pandai berorganisasi. Kepada ibu-ibu yang adalah istri abdi negara mari bergabung dalam DWP untuk mendukung program Pemerintah Kota Kupang dalam mendukung visi misi terwujudnya Kota yang layak huni, cerdas, mandiri dan sejahtera dangan tata kelola bebas KKN, karena DWP adalah mitra pemerintah dan siap mendukungnya,” pungkasnya.

Lebih lanjut Ibu Lousje Marlinda Funay-Pellokila, S.TP menyampaikan terima kasih kepada Ibu Marthase Benu-Talan atas kepemimpinannya dalam mengatur organisasi DWP hingga saat sertijab dengan baik, dirinya mengatakan siap melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan.

(*/PKP/jbm/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed