oleh

Pansus Dewan Kota Tertutup soal Bantuan Kapal yang Katanya Hilang

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Rekomendasi Pansus DPRD Kota Kupang terkait adanya bantuan 8 unit kapal kepada nelayan yang hilang, ternyata tidak mampu dijelaskan Pansus saat Paripurna Badan Anggaran dalam Sidang LKPJ Wali Kota Tahun 2020 di Ruang Sidang Utama DPRD Kota, Kamis(24/6/2021).

Pantauan RakyatNTT.com, dalam sidang tersebut, Anggota Banggar DPRD Satario Pandie mempertanyakan salah satu masalah yang diangkat Pansus bahwa adanya kehilangan 8 unit kapal bantuan Pemkot untuk nelayan pada tahun 2020.

Iklan Dimonium Air

Sepengetahuannya, dalam rekomendasi pansus sebelumnya ada program bantuan yang dibidik pansus. Hal tersebut diperkuat oleh pemandangan umum fraksi-fraksi yang meminta penjelasan terkait masalah tersebut.

“Delapan kapal yang hilang itu, hilang ketika teman-teman Pansus pergi melihat di tepi lalu kapal tidak ada, apakah betul diterpa oleh seroja? Mohon penjelasan,” tanya Rio Pandie.

Ia mengatakan jika sejumlah kapal bantuan itu hilang tentu diketahui oleh Dinas Perikanan, sebab ada fungsi pengawasan yang dilakukan dinas. Oleh karena itu, ia meminta Pansus yang juga adalah Anggota Banggar dapat menjelaskan hal tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Plt. Kepala Dinas Perikanan, Orzon G. Nawa menyampaikan secara resmi dalam rekomendasi pansus tidak ada tertulis bahwa 8 unit kapal hilang, sehingga dirinya tidak bisa menjawabnya.

Sedangkan terkait dengan dokumen data penerima bantuan kapal tahun 2020, Orzon mengatakan akan diberikan kepada DPRD sebelum laporan hasil rapat Badan Anggaran guna diketahui seperti apa proses pembagiannya.

Salah satu Anggota Pansus yang juga Ketua Fraksi PKB, Theodora Ewalde Taek justru tidak mau memberikan penjelasan terkait hal itu. Ia bahkan meminta Plt. Kadis Perikanan Orzon Nawa menjelaskan pada kesempatan yang lain. “Jadi alangkah baiknya jika ini dibutuhkan oleh Pak Rio, jadi tidak ada salah ya nanti Pak Kadis menjelaskan pada kesempatan yang lain,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sesuai Rekomendasi Pansus DPRD, Pemkot Akhirnya Berhentikan 186 Tenaga PTT

Senada dengan Theodora, Ketua Fraksi Gabungan PAN-Perindo, Livingston Ratu Kadja meminta agar Plt. Kadis Perikanan Orzon dapat memberikan data bantuan tersebut sesuai tahun anggaran, sehingga pembahasan dibatasi pada LKPJ tahun anggaran 2020. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed