oleh

Pemprov NTT akan Pinjam Rp 1,5 Triliun di PT SMI untuk Jalan dan Air Bersih

Seba, RNC – Gubernur NTT, Viktor Bungtilus Laiskodat mengatakan tahun depan Pemerintah Provinsi NTT akan mengajukan pinjaman ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 1,5 triliun untuk membangun infrastruktur.

“Dana itu untuk menuntaskan seluruh jalan provinsi di NTT lalu siapkan air bersih, juga lewat pinjaman,” katanya saat berkunjung ke Raijua, Jumat (23/10/2020) lalu.

Menurut dia, anggaran dari SMI untuk mempercepat laju pembangunan infrastruktur di Provinsi NTT. Viktor juga akan mewajibkan seluruh pemerintah daerah di NTT untuk mengajukan pinjaman di PT SMI.

Alasannya, APBD tidak cukup untuk membiayai seluruh infrastruktur di daerah. Oleh karena itu, perlu kecerdikan dari pemimpin untuk mencari anggaran. “Pak Sekda bersama Pjs Bupati Sabu Raijua buat pinjaman ke PT SMI. Sayangnya mungkin sudah agak telat, tapi harus dikejar semoga masih memungkinkan untuk dana PEN. Juga seluruh kabupaten dan kota se-NTT harus buat pinjaman,” sebut Gubernur Laiskodat.

BACA JUGA: Kasus Covid-19 di NTT Mulai Terkendali, Pemprov Berharap Vaksin Segera Tersedia

Ia menyebutkan, pinjaman di PT SMI sangat membantu karena komitmen fee hanya berkisar 0,4 persen. “Siapkan betul seluruh dokumennya untuk ajukan pinjaman. APBD Kabupaten Sabu Raijua sekitar Rp 600 miliar maka bisa mendapatkan pinjaman sekitar 20-30 persen yaitu sekitar Rp 200 miliar. Dan, rencanakan dengan benar, dana Rp 200 miliar itu dimanfaatkan untuk hal-hal prioritas yang memberikan dampak langsung ke publik,” kata Viktor.

Sementara itu, Pjs. Bupati Sabu Raijua, Ferdy Kapitan mengatakan akan bersama-sama dengan Sekda dan seluruh jajaran OPD Kabuaten Sabu Raijua menindaklanjuti semua arahan dan petunjuk yang disampaikan Gubernur demi percepatan pembangunan di Sabu Raijua. “Kita segera laksanakan arahan dari Bapak Gubernur bersama dengan OPD dan DPRD Kabupaten Sabu Raijua, termasuk tentang pinjaman dana ke PT SMI,” ujar mantan Staf Ahli Gubernur NTT ini.

(*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed