oleh

Tak Hanya Seragam dan Buku, Tahun 2021 Siswa Dapat HP Android dari Pemkot Kupang

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Pemerintah dan DPRD Kota Kupang telah bersepakat untuk melanjutkan program bantuan perlengkapan belajar siswa di tahun 2021. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumul Djami di ruang kerjanya, Rabu (2/12/2020) siang.

Ditemui RakyatNTT.com, Dumul menyampaikan dalam sidang penetapan APBD Kota Kupang beberapa waktu lalu, Pemkot dan DPRD telah menetapkan anggaran senilai Rp 1,1 triliun. Telah disepakati juga program bantuan seragam dan perlengkapan siswa seperti buku-buku dan handphone android untuk siswa SD dan SMP.

Iklan Dimonium Air

BACA JUGA: Bantuan Seragam Lanjut, Sepatu dan Tas Batal, Ponsel dan Pulsa Dibahas di Banggar

Ia menjelaskan sebelumnya dalam APBD direncanakan Rp 7,7 miliar untuk pakaian seragam dan buku. Namun ada usulan dari Anggota Komisi IV DPRD Kota Kupang untuk menambahkan anggaran senilai Rp 1,5 miliar yang dirasionalisasi dari kelebihan dana Rp 2 miliar di Dinas Sosial untuk memprioritaskan pengadaan handphone android bagi siswa.

Untuk diketahui bantuan pakaian seragam dan buku akan diberikan kepada 49.000 siswa SD dan SMP. Sementara bantuan handphone diprioritaskan bagi anak didik yang bersekolah di wilayah terdepan Kota Kupang dengan melihat kondisi keluarga. “Dengan spesifik sekolah-sekolah di pinggiran yang anak atau orang tua sulit mempunyai HP android,” kata Dumul.

Ia mengatakan khusus bantuan HP android ini dianggarkan dalam belanja modal, sehingga akan diserahkan dan menjadi barang inventaris sekolah. “Bukan dibagi-bagi gratis pada siswa tapi dipinjamkan kepada siswa,” katanya.

Dumul juga menyampaikan dari anggaran rasionalisasi tersebut, HP android yang disediakan akan memiliki spesifikasi khusus untuk mendukung siswa dalam proses belajar jarak jauh. Dipastikan dari anggaran itu akan diadakan 700-1.000 buah. Diprioritaskan 60% siswa SD serta 40% siswa SMP. “Bantuan ini tidak hanya pada sekolah negeri, tapi bagi juga di sekolah swasta,” kata Dumul.

BACA JUGA: Wali Kota Jeriko Bagi Bantuan Seragam di SDI Oepoi, Begini Respon Ortu Siswa

Bantuan tersebut direncanakan dimulai proses pelelangannya pada Januari dan Februari 2020, sehingga masuk tahun ajaran baru sudah bisa terealisasi.

Dumul mengucapkan terima lasih kepada 40 anggota DPRD Kota Kupang, khususnya Komisi IV DPRD Kota Kupang yang telah mendukung anggaran tersebut, bahkan secara langsung telah mendorong jalannya pendidikan dalam situasi pandemi Covid-19 ini. “Prinsipnya kita mengapresiasi atas apa yang sudah diperjuangkan dalam mendukung program ini. Oleh karena itu kita akan menjalankan ini dengan baik,” pungkasnya. (rnc04)

  • 4.5K
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed