oleh

Petugas Dinas LHK Bongkar 28 Kandang Babi, Ini Jumlah Sampahnya…..

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Kupang gencar membersihkan sampah di bantaran kali Naikoten I, Kecamatan Kota Raja.
Hingga Jumat (26/7/2019), total sampah yang diangkut sudah mencapai 97 truk. Sampah-sampah berasal dari limbah kandang babi dan ayam serta sampah-sampah plastik yang dibuang begitu saja ke dalam kali. “Kami sudah empat hari kerja dan sudah angkut 97 truk sampah,” Kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas LHK Kota Kupang, Adi Pally di lokasi kegiatan.
Ia mengatakan selama empat hari, total ada 28 kandang babi yang dibongkar petugas. Ada juga yang dibongkar sendiri oleh pemiliknya. Masih puluhan lainnya yang belum dibongkar. Namun, menurutnya semua kandang di bantaran kali harus dibongkar agar kali ini lebih bersih.
Adi mengatakan, kali di Pasar Kasih Naikoten I ini menjadi pusat sebaran sampah. Pasalnya, sampah menumpuk hingga menyumbat aliran air. Saat musim hujan sampah-sampah ini meluap. Bahkan dibawa arus air sampai laut. Akibatnya pantai-pantai di Kota Kupang penuh dengan sampah.
Oleh karena itu, menurut Adi, sampah harus dibersihkann dari hulunya. Dengan sendirinya hilirnya, yaitu pantai akan menjadi bersih. “Percuma kita pungut sampah di pantai, kali dan selokan tidak bersih. Pasti ketika hujan sampah dibawa sampai laut dan akhirnya pantai kembali kotor,” katanya.
Adi berharap setelah kali-kali ini dibersihkan, warga tidak boleh lagi membuang sampah ke kali. Ia juga meminta warga di bantaran kali agar ikut menjaga kebersihan. “Mari kita semua menjaga agar kali tetap bersih supaya pantai juga bersih, jalan-jalan juga bersih,” harap Adi. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed