oleh

Paket Edi-Weng Komit Siapkan Satu Bidan di Setiap Desa

Labuan Bajo, RNC – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat (Mabar) periode 2020-2025, Edistasius Endi dan dr. Yulianus Weng atau Edi-Weng berjanji untuk menyediakan satu bidan desa untuk setiap desa. Janji ini sejalan dengan tekad Paket Edi-Weng untuk mewujudkan masyarakat Mabar yang sehat dan berdaya saing.

Hal ini disampaikan Calon Wakil Bupati, dr. Yulianus Weng dalam kampanye terbatas di Kampung Wae Mata Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Senin (9/11/2020). Dalam orasinya, Weng menekankan pentingnya membangun kesehatan masyarakat. Dimulai dari desa, dengan menyediakan satu orang tenaga bidan desa per desa untuk memantau, membina dan merawat masyarakat di desa. Terutama para ibu hamil dan menyusui, sehingga bisa menyiapkan generasi masa depan yang sehat dan unggul.

“Ini akan menjadi perhatian serius Edi-Weng lima tahun ke depan. Kita akan membuat program untuk menjamin kesehatan ibu dan anak di kabupaten ini,” tegas mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai itu.

Penempatan satu bidan desa per desa, menurut Weng, sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014, dimana yang punya kompetensi untuk menangani ibu hamil dan ibu melahirkan yakni bidan dan dokter. Dengan demikian, kehadiran bidan di desa akan menjadi ujung tombak dalam penanganan masalah kematian ibu dan anak.

BACA JUGA: Siapa Cabup-Cawabup Terkaya di Pilkada NTT 2020? Ini Data Lengkapnya

“Kita akan berusaha menekan angka kematian ibu dan anak di daerah ini sampai nol selama lima tahun ke depan,” ujarnya.

“Untuk itu kita akan mengutamakan langkah promotif dan preventif, sebelum sampai pada kuratif,” sambungnya.

Weng menambahkan, untuk memperlancar pelaksanaan tugas, bidan desa juga akan diberikan satu unit sepeda motor yang dilengkapi peralatan medis dalam pelayanan kesehatan di desa. (*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed