oleh

Wah Payah, Harga Tes PCR di Labuan Bajo Rp1,7 Juta!

Jakarta, RNC – Harga tes PCR covid-19 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, saat ini mencapai Rp1,7 juta dan hasil keluar dalam waktu tiga hari. Harga tersebut tidak sesuai dengan imbauan Presiden Joko Widodo agar harga tes PCR diturunkan.

Mahalnya harga tes PCR di rumah sakit, klinik bahkan di Bandara Internasional Andara Komodo, Labuan Bajo dikeluhkan calon penumpang. Di Bandara Internasional Andara Komodo para pelaku perjalanan harus mengeluarkan biaya tes PCR sebesar Rp1.950.000 perorang dan Rp1.750.000 di rumah sakit.

Bahkan sebelum diberlakukannya penetapan dan ketentuan harga oleh pemerintah Pusat dua hari lalu, harga tes PCR di Labuan Bajo tembus hingga Rp2 juta perorang. Sementara hasilnya harus menunggu selama 3 hari dari laboratorium Bali, Kupang maupun Surabaya. Dimana seharusnya biaya tes PCR di luar Jawa-Bali hanya sebesar Rp550 ribu.

“PCR di sini mahal dan hasilnya juga lama,” ujar Amanda salah satu calon penumpang pesawat dilansir dari medcom.id, Jumat (20/8/2021).

“Hal ini dikarenakan di Labuan Bajo tidak ada laboratorium sendiri sehingga kami harus mengirimnya ke luar dengan tambahan biaya sebesar Rp700 ribu,” ujar Dion salah satu petugas laboratorium.

(*/mdc/rnc)

Baca Juga:  BPOM Buka Suara soal Efek Samping Vaksin Covid AstraZeneca

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *