oleh

Gubernur VBL Ingin Terminal Haumeni di TTS jadi Sentra Layanan Pariwisata Pulau Timor

Iklan Demokrat

SoE, RNC – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal menjadikan Terminal Haumeni di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sebagai sentra pelayanan pariwisata di Pulau Timor. Harapan ini dikemukakan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat berkunjung ke terminal tipe B itu pada Senin (22/3/2021).

Dalam kunjungan itu, Gubernur VBL melihat berbagai fasilitas dan kondisi terminal. Ia meminta agar terminal tersebut dibenahi dan diaktifkan kembali sehingga menjadi sentra pariwisata di Pulau Timor.

Iklan Dimonium Air

“Ini harus dibuat bagus dan dilengkapi dengan IT, sehingga orang masuk, semua informasi sudah dibuka,” ucap VBL di hadapan Bupati TTS, Epy Tahun dan rombongan.

Saat dikonfirmasi RakyatNTT.com, Kepala Dinas Perhubungan NTT, Ishak Nuka mengatakan, terminal Haumeni adalah salah satu dari tujuh terminal yang telah dimasukan dalam masterplan pembangunan pariwisata di NTT. Untuk terminal Haumeni yang telah dikelola oleh Dishub NTT ini, akan dilakukan pembenahan dengan didukung berabagai fasilitas yang menopang jalannya pelayanan pariwisata.

Ia menambahakan, gagasan tersebut dimaksudkan agar fungsi terminal tidak hanya untuk orang berkumpul dan menunggu kendaraan, namun harus ada fungsi lain yang telah terfasilitasi. Ia memastikan terminal Haumeni dan beberapa terminal tipe B di NTT akan segera dibenahi. Adapun fasilitas yang bakal dibangun adalah taman dengan air mancur, toilet, rastoran, mushola, mini market, barber shop dan tempat istirahat sementara.

“Untuk awal, akan dibenahi dengan pos anggaran yang ada. Paling tidak kita mulai menata, menjaga kebersihan, membuat taman-taman yang indah, dilengkapi air mancurnya,” ungkapnya.

Ia mengatakan, TTS sendiri memiliki destinasi wisata yang cukup bagus untuk dikunjungi. Seperti destinasi alam Fatumnasi dan Fatukopa. Dengan demikian, untuk mendorong hidupnya pariwisata, maka Pemprov juga sudah berkoordinasi dengan Pemda TTS agar terlibat dalam menyiapkan berbagai sarana pendukung.

Baca Juga:  Gubernur NTT Sebut Sarjana Peternakan Tidak Laku, Ini Respon Dosen dan Alumni Fapet Undana

“Sudah saatnya setiap fasilitas perhubungan darat menjadi menarik serta menjadi tempat yang nyaman dan memiliki fungsi yang cukup luas,” pungkasnya. (rnc04)

  • 700
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed