oleh

Kodim TTU Optimalkan Potensi Kewilayahan RI – RDTL

 

Kefamenanu, RNC – Kodim 1618/Timor Tengah Utara (TTU) mengoptimalkan potensi kewilayahan di Kabupaten TTU, yang merupakan wilayah perbatasan RI – RDTL. Upaya tersebut dilaksanakan, melalui kegiatan Inventarisasi Data Satuan Komando Kewilayahan Kodim 1618/TTU Tahun 2021, Rabu (22/12/2021).

banner BI FAST

Kegiatan tersebut digelar di aula Makodim 1618/TTU. Selain Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi S.Sos, tampak pula Pasiter Dim 1618/TTU, dan para Babinsa jajaran Kodim 1618/TTU.

Dandim Roni Junaidi kepada RakyatNTT.com menjelaskan, inventarisasi data satuan komando kewilayahan meliput data geografis tentang kondisi alam, kondisi tanah, kemudian kondisi luas wilayah. Sedang data demokrasi tentang kependudukan. Lalu data kondisi sosial, baik ideologi politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

“Tentang data ideologi politik, kita himpun dari para Bhabinsa. Kemudian dari Bhabinsa, kita lanjutkan ke Koramil, dan seterusnya dilaporkan ke Kodim. Sehingga kita bisa memiliki data geo demografis untuk wilayah Kabupaten TTU, khususnya periode Triwulan IV tahun 2021,” ujar Dandim Roni.

Dia berharap, dari kegiatan itu dapat diketahui potensi – potensi wilayah, termasuk kekurangannya. “Mungkin sumber air, atau kebutuhan pertanian dan peternakan, sehingga masyarakat bisa disinkronisasikan dengan program – program kegiatan yang ada di Kodim 1618/TTU,” kata Dandim Roni.

Dibeberkan, program tersebut diantaranya, program Pompa Hidram, sumur bor, serta pemberdayaan masyarakat tentang peternakan. “Tujuannya adalah mengoptimalkan potensi – potensi wilayah yang ada di Kabupaten TTU,” sebut Dandim Roni.

* Survey Lokasi Sasaran Pompa Hidram

Disinggung terkait lokasi penambahan Pompa Hidram, dia mengatakan, pada Rabu (22/12/2021), pihaknya melalui Serda Mikhael Kolo, telah melaksanakan survey lokasi sasaran Pompa Hidram di embung – embung Kampung Bnoko Seo RT/09-RW/02, Kilometer 9 jurusan Kupang Desa Oetalus. Luas embung – embung dengan ukuran panjang sekira 80 meter, luas sekira 50 meter, dengan kedalaman delapan meter.

Pemanfaatan Pompa Hidram tersebut diperuntukkan untuk dua kelompok tani, yakni Kelompok Tani Bnoko Seo I dan Kelompok Tani Bnoko Seo II. Selain itu, untuk kebutuhan air bersih dan bercocok tanam sayur mayur serta minuman ternak. Jarak dari Makodim 1618/TTU menuju ke lokasi sasaran Pompa Hidram, sekira 8 kilometer. (rnc17).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed