oleh

Pemkab Kupang hanya Alokasi Rp 1,5 M, Fraksi Demokrat Minta Segera Realokasi APBD

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Kupang mendesak Pemda Kabupaten Kupang bersama pimpinan DPRD sesuai amanat instruksi Presiden Nomor 04 tahun 2020 untuk dapat melakukan realokasi APBD demi membiayai rencana kontinjensi penanggulangan corona.

Pasalnya, alokasi anggaran Rp 1,5 miliar sangat sedikit. Pemda tidak bisa menyerahkan urusan corona kepada pemerintah pusat dan provinsi saja, tetapi aksi langsung sangat ditunggu rakyat. Hal ini disampaikan Fraksi Demokrat melalui surat yang berisi pokok pikiran dan rekomendasi yang ditujukan kepada Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Jumat (27/03/2020).

Iklan Dimonium Air

Beberapa aksi langsung yang perlu dilaksanakan segera, menurut Fraksi Demokrat, adalah melengkapi para tenaga dokter dan paramedis dengan alat pelindung diri (APD), obat-obatan dan sarana prasarana yang memadai. Masyarakat juga sedang membutuhkan masker dan hand sanitizer. Kemudian sarana publik seperti pasar, terminal, rumah ibadah, gedung pemerintah sampai saat ini belum disemprot desinfektan. Termasuk edukasi cegah dini orona dengan social dan physical distancing belum banyak terdengar di pojok kampung Kabupaten Kupang.

“Kami mendorong sekeras-kerasnya agar segera dilakukan pemantapan rencana Kontinjensi dan mendorong sidang pembahasan untuk realokasi APBD untuk membiayai perang besar kita melawan corona virus di kabupaten Kupang,” kata Fraksi Demokrat.

Beberapa rekomendasi lainnya yang diberikan Fraksi Demokrat yakni menutup pintu perbatasan Kabupaten Kupang secara terbatas, terduga ODP harus diperiksa ketat hingga tingkat RT dan RW, dan lalulintas kendaraan yang melintasi Jalan Timor Raya harus disemprot desinfektan dan periksa suhu tubuh dan lain sebagainya. Semua pilihan langkah ini harus dikaji serius dan diletakkan di atas meja untuk diimplementasi sepenuh hati.

Fraksi Demokrat juga menyatakan siap berdiri bersama dan bekerja keras bersama pemerintah daerah Kabupaten Kupang dan semua jajaran masyarakat untuk terlibat langsung dan aktif dalam perang total melawan pandemic corona ini. “Ini perang semesta yang harus kita menangkan demi keselamatan jiwa rakyat Kabupaten Kupang tercinta,” demikian pendapat Fraksi Demokrat dalam suratnya yang ditandatangani ketua Fraksi FPD Yakobertus¬† Seran Asafeni. (*/rnc)

Baca Juga:  Vaksinasi Tembus 100 Juta Dosis, Airlangga Dapat Pujian Bank Dunia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed