oleh

Penyegelan dan Penggeledahan Kantor BPKAD Sikka Coreng Wajah Bupati

Oleh Petrus Selestinus
Koordinator TPDI dan Advokat Peradi

PENYITAAN dan Penyegelan adalah bagian dari upaya paksa yang dilakukan oleh Penyidik (Polisi/Jaksa) untuk kepentingan penyidikan guna memperkuat bukti-bukti yang sudah ada, dalam rangka menetap kan siapa-siapa saja sebagai Tersangka atau mencari tambahan tersangka lain yang bukti-buktinya belum tercukupi dalam suatu tindak pidana/tindak pidana korupsi.

banner BI FAST

Kejaksaan Negeri Sikka telah membuat sejarah dalam penegakan hukum di Sikka bahkan bagi Provinsi NTT, karena ini merupakan peristiwa pertama yang terjadi dalam sejarah penegakan hukum sekaligus signyal bahwa hukum tidak hanya tajam ke bawah akan tetapi juga akan “tajam ke atas” hingga tingkat Bupati Sikka sebagai Kepala Pemerintahan Daerah Penanggung  jawab Pengelola Keuangan Daerah.

Arti lain dari menyegel Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) yang terletak di Jalan Kartini Kelurahan Beru Kecamatan Alok Timur, itu berarti untuk sementara waktu Kantor BPKAD Sikka tidak boleh dibuka oleh siapapun termasuk oleh Robi Idong, kecuali oleh Penyidik Kejaksaan Negeri Sikka atau atas ijin Kepala Krjaksaan Negeri Sikka dan itu yang sah.

Publik Gembira Sekaligus Malu

Publik Sikka pada hari-hari ini tentu dihadapkan pada dua perasaan yang muncul berbarengan. Pada satu sisi muncul perasaan gembira karena Kejaksaan Negeri Sikka yang selama ini dianggap sebagai ayam sayur, sudah menunjukan taringnya entah siapa lagi yang mau digigit, tetapi pada sisi yang lain, ini sebuah kejadian memalukan karena segala sesuatu yang berkaitan dengan isi perut Rakyat Sikka dan Kantor BPKAD Sikka dikenakan uapaya paksa berupa penyitaan dan penyegelan.

Di dalam perspektif Hukum Acara Pidana, tindakan penyegelan dan penyitaan terhadap sebuah obyek berikut isinya, itu artinya bahwa pada obyek itu (Kantor BPKAD) terdapat barang bukti sekaligus merupakan rangkaian dari tempat/lokus terjadinya peristiwa pidana/TKP, oleh karena itu dirasa perlu untuk dilakukan upaya paksa berupa penyegelan dan penyitaan agar tidak terjadi upaya menghilangkan barang bukti dll.

Baca Juga:  Hasil Semi Final Voli Putra: Sikka dan Kabupaten Kupang Tertahan, TTU dan Ende ke Final

Pada sisi yang lain, tindakan penyegelan dan penyitaan kantor BPKAD, ini jelas merupakan tamparan keras bagi Robi Idong dan sangat memalukan bagi sebuah pemerintahan di Kabupaten Sikka. Alasannya karena Robi Idong baru saja mengejar dengan segala macam cara memburu Opini WTP dari BPK RI NTT, tetapi kok sekarang Kantor BPKAD yang ada di pundak Robi Idong disita dan disegel untuk kepentingan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi.

Sebentar Lagi Robi Idong Dipanggil

Publik Sikka telah memberikan reaksi positif atas penyegelan dan penyitaan dokumen di Kantor BPKAD Sikka, akan tetapi publik Sikka juga tidak dapat menutupi perasaan malu, karena Kantor Keuangan BPKAD yang merupakan tempat untuk mengelola dan melaksanakan APBD Sikka untuk kepentingan pembangunan daerah bagi kesejahteraan rakyat di Sikka disita dan disegel, karena di sana jadi pusat bauh busuk korupsi entah siapa yang kentut, yang jelas bauh kentutnya sudah merebak ke mana-mana.

Ratio legis dari penyitaan dan penyegelan Kantor BPKAD Sikka, itu berarti aparatur daerah Sikka mulai dari Bupati Sikka Robi Idong sampai sejumlah SKPD atau OPD patut diduga telah menggunakan dokumen atau membuat dokumen untuk melakukan korupsi atau hasil kejahatan korupsi dan dokumen bukti hasil korupsinya tersimpan dan diduga berada di Kantor BPKAD.

Oleh karena itu, secara hukum, tidak lama lagi Robi Idong akan dipanggil Kejaksaan untuk dimintai keterangan entah sebagai saksi korban atau sebagai saksi fakta lainnya atau sebagai orang yang turut serta dalam peristiwa pidana korupsi yang sedang diselidiki, bahkan berpotensi menjadi tersangka korupsi, karena Robi Idong adalah Kepala Pemerintahan Daerah Sikka yang diserahi tugas Mengelola Keuangan Daerah Sikka, yang Kantornya disita dan disegel. (*)

Baca Juga:  Tim SAR Sukses Evakuasi Pria yang Tinggal 3 Hari di Atas Tower di Maumere

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed