oleh

Profil Irjen Pol Rudolf Albert Rodja, Salah Satu Calon Penjabat Gubernur NTT

Kupang, RNC – Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) Polri. Saat ini dia mejabat Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

Jabatan yang diembannya itu telah diamanahkan sejak 2 Maret 2023 lalu. Sebelum menjadi pejabat di lingkungan Kemenko Polhukam, Rudolf Rodja adalah sosok polisi yang berpengalaman.

Profil Rudolf Albert Rodja

Rudolf Albert Rodja lahir pada tanggal 31 Mei 1966. Ia memulai karier di kepolisiannya sejak lulus dari Akademi Kepolisian pada tahun 1988 hingga sekarang. Rudy Rodja-demikian ia akrab disapa-merupakan salah satu jenderal polisi yang pernah menduduki sejumlah posisi penting di instansi kepolisian. Dimulai pada tahun 2003, Rodja pernah menjabat sebagai Kasat Brimob di Polda Bali.
Tiga tahun setelahnya ia menjadi Kapolres Tabanan dan dilanjutkan menjadi Kapolres Buleleng pada tahun 2008. Di tahun 2009 ia dipindah tugaskan menjadi Wadirsamapta Polda Lampung. Namun, satu tahun kemudian, Rudy Rodja kembali dipindahkan untuk menjadi Widyaiswara Muda Sespim Polri.

Dalam rangka Dik Sespinti tahun 2011, ia kemudian diangkat menjadi Pamen Polda Papua. Baru berjalan satu tahun, ia kembali dimutasi jabatannya menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri.

Berkat pengalamannya, Rudy Rodja pun mulai menduduki jabatan sebagai Wakapolda. Dalam riwayatnya, ia pernah dua kali menduduki jabatan sebagai Wakapolda yaitu Wakapolda Sulawesi Tengah dan Wakapolda Papua.

Untuk menambah pengalamannya, Jenderal bintang dua asal Kupang ini dialihtugaskan untuk menjadi Karoprovos Divpropam Polri. Satu tahun setelahnya, ia ditugaskan untuk menjadi Kapolda.

Tercatat nama Irjen Pol Rudolf Albert Rodja pernah menduduki jabatan sebagai Kapolda di wilayah Papua selama dua tahun berturut-turut yaitu Kapolda Papua Barat (2016) dan Kapolda Papua (2017). Sejak saat itu, karier kepolisiannya pun semakin melejit.

Baca Juga:  Warga Suku Lape Serahkan Lahan untuk Bangun Gedung DPRD Nagekeo

Pada tahun 2009, ia ditunjuk sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri. Lebih dari itu, kini Irjen. Pol. Rudolf Alberth Rodja tengah mengemban amanat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam (2023).

Untuk diketahui, DPRD NTT telah mengusulkan 3 nama calon penjabat Gubernur NTT yang akan dilantik pada 5 September mendatang. Selain nama Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja, dua nama lain adalah Dr. Inosentius Samsul, SH, MH, saat ini menjabat Kepala Badan Keahlian Setjen DPR RI dan Dr. Ir. Thomas Umbu Pati, Deputi Pengendalian Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.  (*/rnc)

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *