oleh

Sebanyak 1.840 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Nagekeo

Iklan Covid Walikota Kupang

Mbay, RNC – Sebanyak 1.840 dosis vaksin Covid-19 tiba Kabupaten Nagekeo, Rabu (27/1/2021) pukul 13.30 Wita. Vaksin tersebut diterima secara langsung oleh Asisten I Setda Nagekeo, Emanuel Ndun mewakili Bupati Nagekeo didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo, Eliya Dewi.

Pantuan RakyatNTT.com, vaksin tersebut diangkut menggunakan 1 unit mobil box berisi 1.840 vial yang dijaga ketat oleh personel Polres Nagekeo. Selanjutnya disimpan di gudang utama Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo.

Iklan Dimonium Air

Kepala Badan Pengawasan Obatan dan Makanan (BPOM) Fransisca Zagita T., S. Farm., Apt saat ditemui awak media menjelaskan vaksin tersebut dikirim dari Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi NTT. Dosis pertama yang diberikan untuk Kabupaten Nagekeo sebanyak 1.840 vial. Saat ini sudah diamankan di gudang utama farmasi.

“Sebanyak 1.840 vial suhunya masih tetap terjaga yakni 2-8 derajat celsius. Tepatnya 2 derajat celsius. Jadi masih sama, karena untuk mengukur suhu tersebut dengan menggunakan termometer yang sudah dikalibrasi,” ujarnya.

BACA JUGA: Vaksin Sinovac Berikan Kekebalan Covid-19 Sampai 23 Kali Lipat

Lebih lanjut dikatakanya, vaksin ini suhunya harus tetap dijaga, sebab untuk sampai ke masyarakat suhunya harus tetap mencapai 2 sampai 8 serajat celcius agar tetap aman dan halal. “Vaksin ini nantinya dimasukkan ke dalam ciller yang sudah ada termometernya. Kemudian menggunakan generatornya. Jika belum ada generatornya yang tidak otomatis atau manual, harus ada petugas shift yang stand by di tempat. Sehingga bisa memonitor suhu yang lebih dari 8 atau kurang dari 2 celcius,” tutupnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Nagekeo, Silvester Teda Sada melalui rilis Humas menjelaskan jumlah total vaksin untuk Kabupaten Nagekeo sebanyak 1.840 vial. Sedangkan pelaksanaan vaksinasi covid-19 akan dilakukan dalam 4 tahap.

Baca Juga:  Daftar Kasus Covid-19 Aktif di NTT, Sikka dan Sumba Timur Terbanyak

“Tahap 1 dengan sasaran seluruh tenaga kesehatan di Kabupaten Nagekeo yang menjadi sasaran vaksinasi sebanyak 897 orang tenaga kesehatan, ditambah 10 orang pejabat tingkat kabupaten untuk vaksinasi perdana,” sebut Silvester.

Ia menambahkan logistik penunjang vaksinasi direncanakan dikirim melalui kapal fery Larantuka dari Kupang pada Kamis (28/1/2021) besok. Dan pelaksanaan vaksinasi akan dimulai awal Februari 2021. (rnc15)

  • 186
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed