oleh

5 Senyawa Temuan Unair untuk Obat Corona Mulai Diuji Praklinis

Sabun Herbal Cyrus

Surabaya, RNC – Penelitian 5 senyawa bakal calon obat Corona terus dilakukan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Saat ini sudah mencapai tahap uji praklinis.

Dilansir dari detik.com, uji praklinis bertujuan untuk penelitian suatu bahan yang diduga berkhasiat obat, dan atau terhadap bahan obat yang telah lama beredar di masyarakat, tetapi belum dibuktikan khasiat dan keamanannya secara ilmiah. Seperti jamu untuk ditingkatkan statusnya menjadi obat herbal terstandar (OHT) atau obat fitofarmaka.

“Bakal calon obat (Corona) dari 5 senyawa kita sudah lakukan uji praklinis yang dilakukan di stem cell Unair. Mudah-mudahan dalam dua minggu sudah ada hasilnya,” kata Anggota Tim Riset COVID-19 Unair, Prof Dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih MSi kepada wartawan di Gedung Rektorat Unair C, Jumat (8/5/2020).

Uji praklinis itu melihat toksisitas atau tingkat merusaknya suatu zat jika dipaparkan terhadap organisme. Soal seberapa kuat obat tersebut mematikan virus bukan mematikan sel normal.

“Dari uji praklinis akan diketahui dosis-dosis yang pas. Kita juga akan cobakan dosis itu apakah bisa digunakan atau tidak,” ujarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed