oleh

NasDem Masih Berharap Partai Lain Gabung untuk Bentuk Koalisi di Pilkada TTU

Kupang, RNC – Dengan memiliki 8 kursi di DPRD, Partai NasDem sudah bisa mengusung calon kepala daerah di Pilkada Timor Tengah Utara (TTU) tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. Sebab sesuai ketentuan, parpol atau koalisi parpol yang mengusung calon kepala daerah di Pilkada TTU, minimal harus memiliki 6 kursi atau 20 persen kursi di DPRD.

Namun, Partai NasDem yang sudah pasti mengusung Kristina Muki dan Yosep Tanu di Pilkada TTU, masih membuka pintu bagi partai lain untuk bergabung dan membentuk koalisi. Baik itu partai yang memiliki kursi di DPRD TTU, maupun partai yang tidak berhasil mendapatkan kursi pada Pileg 2019 lalu.

Kepada RakyatNTT.com, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Nusa Tenggara Timur (NTT), Alex Take Ofong mengatakan, Nasdem tetap menjalin komunikasi dengan partai lain sekalipun sudah memenuhi threshold (ambang batas) perolehan kursi di DPRD sebagai syarat untuk mengusung calon kepala daerah di Pilkada. “NasDem di TTU kendati sudah memenuhi threshold Pilkada, namun komunikasi dengan semua parpol tetap berjalan dengan prinsip saling menghargai satu sama lain, termasuk menghargai perbedaan pilihan,” ujar Ketua Fraksi NasDem DPRD NTT itu saat diwawancara, Kamis (6/8/2020).

Mengingat belum semua parpol mengeluarkan Surat Keputusan (SK) penetapan calon kepala daerah di Pilkada TTU, Alex berharap ada parpol yang mau bergabung dengan NasDem. “Pada prinsipnya, NasDem tetap terbuka dan mengharapkan ada parpol lain yang bergabung menjadi koalisi,” sebut Alex.

Untuk diketahui, hingga saat ini ada lima parpol (ada kursi di DPRD, red) yang belum menetapkan calon di Pilkada TTU. Lima parpol tersebut yakni Hanura (3 kursi), Golkar (4 kursi), PKS (1 kursi), Berkarya (1 kursi) dan Perindo (1 kursi). Mengingat tahapan pendaftaran calon ke KPU akan berlangsung pada awal September mendatang, maka dalam waktu dekat lima parpol ini akan segera mentukan sikap. (rnc09)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed