oleh

DPRD Dukung Pemkab TTS Tambah Armada dan Petugas Kebersihan

So’E, RNC – Persoalan sampah di Kota So’E, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) tak kunjung terselesaikan. Masalahnya adalah masih kurangnya jumlah armada dan petugas pengangkut sampah.

Kepada RakyatNTT.com, Sabtu (26/6/2022), Wakil Ketua I DPRD TTS, Relyguis Usfunan mendorong Dinas PRKP TTS segera mengajukan kebutuhannya ke TAPD dan Bupati TTS, Epi Tahun agar dalam persidangan bersama DPRD TTS dapat dibahas.

banner BI FAST

Ia mengakui sampah di TTS tersebar di berbagai lokasi, seperti salah satunya di area tempat pembuangan sementara di Pasar Inpres. Kondisinya cukup memprihatinkan. Belum lagi mulai bermunculan titik-titik pembuangan sampah ilegal dalam wiayah kota.

Sebagai anggota DPRD TTS, Egi-sapaan akrab Wakil Ketua I ini menyatakan mendukung upaya Pemkab dalam melaksanakan program pelayanan kebersihan hingga mewujudkan kembali semboyan “Kota SoE Bersih dan Rindang”.

“Saya sebagai wakil rakyat akan mendukung usulan Pemda terutama dari Dinas PRKP soal kekurangan armada dan personil lapangan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sudah saatnya diajukan anggaran oleh PRKP untuk penanganan masalah sampah di wilayah kota. Bahkan, Egy mengatakan anggaran untuk pengelolaan sampah harus masuk dalam agenda pembahasan perubahan APBD TTS tahun 2022 ini.

“Jika semua kebutuhan itu diajukan ke bupati dan pimpinan DPRD, maka saat pembahasan anggaran dan perubahan yang sudah mau dekat ini kita bisa memenuhi kebutuhan itu dan pada intinya kita tunggu saja pengajuan dari dinas teknis yang mengatur soal sampah dan secara politik kita akan mendukung sesuai tugas DPRD,” jelasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Kadis PRKP, Otniel Tallo Tahun mengungkapkan, produksi sampah di Kota SoE kian meningkat. Sesuai perhitungan dinasnya, sampah yang diproduksi dari rumah tangga maupun pusat perbelanjaan mencapai 20.000 ton per hari. Sedangkan armada yang tersedia hanya 4 unit. Sudah begitu, saat ini terdapat satu armada yang rusak. Setiap armada truk, terdapat 1 driver dan 5 petugas pengangkut sampah. (rnc26)

Baca Juga:  Hasil Final Voli Putri: Sukses Kalahkan Kota Kupang, TTS Rebut Medali Emas

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed