oleh

Ini Strategi Pemkot Kupang Percepat Vaksinasi Covid pada Lansia

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Warga lanjut usia (lansia) memiliki risiko kematian akibat Covid-19 tertinggi. Untuk itu, dari beberapa kelompok rentan yang diutamakan untuk menerima vaksin Covid, salah satunya adalah lansia. Namun sejauh ini, cakupan vaksinasi lansia di hampir semua daerah di Indonesia masih terbilang rendah.

Di Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya di Kota Kupang, baru 28 persen lansia yang menerima vaksin Covid. Untuk itu, Pemerintah Kota Kupang menggagas gerakan vaksinasi bagi lansia.

Iklan Dimonium Air

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsih mengatakan, mulai pekan ini hingga bulan Juni mendatang, pelaksanaan vaksinasi akan lebih dikhususkan bagi para lansia.

“Jadi kami berharap setiap keluarga dapat membawa orangtuanya (para lansia, red) ke puskesmas-puskesmas terdekat untuk menerima vaksin covid,” ujar Sri saat diwawancara RakyatNTT.com, Senin (17/5/2021) sore.

Menurut Sri, saat ini semua puskesmas di Kota Kupang telah membangun koordinasi dengan tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemerintah kelurahan untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi.

“Targetnya sampai dengan bulan Juni, 50 sampai 70 persen lansian sudah menerima vaksin,” katanya.

Sri menyebutkan, sampai saat ini masih tersedia 2 jenis vaksin. 700 sasaran khusus untuk vaksin jenis AstraZeneca dan sekitar 2000-an sasaran vaksin jenis Sinovac.

“Untuk stok selanjutnya, Pemkot akan terus berkoordinasi dengan Pemprov agar dapat menyuplai kebutuhan vaksin di Kota Kupang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Messerasi Ataupah memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Kupang yang telah berinovasi untuk menyukseskan vaksinasi Covid dan mempercepat vaksinasi bagi lansia.

“Seharusnya langkah itu dilakukan dari dua bulan lalu, cuma memang ada keterlambatan saja,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, kaum yang rentan terhadap Covid-19 dan berpotensi meninggal dunia adalah kelompok lansia. Oleh karena itu ia mengimbau kepada semua warga untuk mengajak dan membawa orangtua (lansia) ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat pelayanan vaksinasi.

Baca Juga:  Pemkot Kupang dan BKSDA Kerja Sama Bangun Infrastruktur Wisata Alam Pesisir

“Hormatilah orangtuamu. Sederhana saja yakni dengan membawa mereka untuk ikut vaksinasi di fasilitas kesehatan,” pintanya. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed