oleh

Keren! Desa Netemnanu Selatan Terapkan Layanan Publik Berbasis Digital

Oelamasi, RNC – Pemerintah Desa Netemnanu Selatan, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang kini menerapkan layanan administrasi berbasis digital desa (Digides). Hal ini disampaikan Kepala Desa Netemnanu Selatan, Winfried Kameo, Senin (15/4/2024).

Ditemui di ruang kerjanya, Winfried mengatakan saat ini pemerintah desa menerapkan berbagai kemajuan teknologi untuk meningkatkan kualitas layanan publik. Salah satu yang dipakai dan diterapkan oleh Pemdes Netsel yaitu layanan administrasi atau surat keluar berbasis digital.

“Ini kita lakukan karena banyak kebutuhan warga soal layanan surat masuk keluar yang menginginkan cepat dan praktis serta tanpa biaya,” ungkapnya.

Selain itu, penerapan Digides juga membantu menghilangkan praktek calo, karena sebelumnya banyak sekali pengurusan surat keterangan dari desa disertai pungutan liar. Bahkan, surat keluar berbasis digital ini membantu sejumlah warga dan mahasiswa yang membutuhkan surat keterangan dari desa jika berada di Kota Kupang atau luar daerah. “Sehingga sekarang kita mulai tertib dalam hal administrasi, apalagi didukung dengan jaringan internet yang kuat di wilayah desa,” katanya.

Winfried menjelaskan saat ini surat-surat berbasis digital di desa membantu proses jual beli ternak. Setiap ternak yang keluar dari desa akan dipasang barcode pada ternak.

Winfried berharap, dengan penerapan Digides ini warga terbantu dan pemerintah desa bisa terus berinovasi dengan layanan internet yang terus berkembang.

Diketahui, selain penerapan surat digital, saat ini Pemdes Netsel juga sedang mengembangkan website desa sebagai wadah informasi dan layanan publik bagi warganya. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *