oleh

Penuhi Kebutuhan Air, PD Pasar Bangun Koordinasi dengan Dinas LHK dan BPBD 

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Pencegahan penyebaran Covid-19 menjadi perhatian serius Perusahan Daerah (PD) Pasar Kota Kupang, khususnya di pasar-pasar tradisonal yang dikelola PD Pasar.

Salah satu fasilitas yang diadakan adalah tandon air. Tandon ini dimanfaatkan oleh pedagang maupun pengunjung pasar untuk mencuci tangan. PD Pasar pun bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Kupang dan Badan Penanggulanhan bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang untuk mengisi tandon-tandon tersebut.

Iklan Dimonium Air

“Kesulitan kami di pasar adalah pengadaan air untuk diisi pada tandon air yang berjumlah 22 unit yang ada di pasar, sehingga kami saat ini lagi melakukan pendekatan dengan Dinas Kebersihan dan BPBD supaya meminta mobil tangki yang ada untuk dipinjam pakai untuk memenuhi kebutuhan air tiap hari,” kata Direktur Utama PD Pasar, Ardi Kalelena kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (27/1/2021).

Ardi Kalelena yang didampingi Direktur Pemasaran, Maxi Nomleni menjelaskan, tandon air ini sedianya dimanfaatkan hanya untuk mencuci tangan. Namun fakta yang terjadi selain mencuci tangan, para pedagang juga memanfaatkannya untuk kebutuhan lain seperti mencuci sayur.

BACA JUGA: Cegah Penyebaran Covid-19 di Pasar, PD Pasar Bagi-bagi APD untuk Pedagang

“Hal ini tidak bisa dipungkiri karena kurangnya pengawasan, tetapi kebutuhan akan air pada tandon air yang ada di dalam pasar sangat besar. Oleh karena itu, kami melakukan koordinasi dengan pak wali kota, sehingga kami mencoba dekati Dinas Kebersihan dan BPBD,” jelas Ardi.

Terkait pengawasan bagi pedagang dan pembeli dalam mematuhi protokol kesehatan di kawasan pasar, Ardi menjelaskan prokes diterapkan secara ketat di pasar.

Menurutnya, dengan dikeluarkannya surat edaran Wali Kota Kupang, maka tidak boleh main-main. Pengawasan semakin diperketat.

“Untuk perketat pengawasan dalam mematuhi protokol kesehatan bagi pedagang dan pembeli dilakukan razia masker di setiap pasar oleh petugas PD Pasar yang ada di tiap pasar,” kata mantan Anggota DPRD Provinsi NTT ini.

Razia masker rutin dilakukan dan bagi yang tidak mengenakan masker dilarang masuk pasar. Petugas juga memberi peringatan kepada pedagang dan pengunjung agar mengenakan masker dengan benar. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed