oleh

Warga Pantai Baru Terima BLT Covid-19 dari Pemkab Rote Ndao

Sabun Herbal Cyrus

Ba’a, RNC – Pemerintah Kabupaten Rote Ndao melalui Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Rote Ndao menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Covid-19 Kabupaten Rote Ndao kepada 132 kepala keluarga di Kecamatan Pantai Baru. Pembagian BLT berlangsung di Aula Kantor Camat Pantai Baru, Selasa (8/9/2020).

Pantauan Rakyat NTT.Com, kegiatan ini dihadiri Camat Pantai Baru, Fons Chris Saek, S.Sos, mewakili Danramil 1627-02/Papela Sertu Abdul Haris Lakuy, Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Rote Ndao, Jery E. Haning, SE, bersama staf Semuel Langga, Indrawaty Ndoko, Syeny Thonak dan Yanto Malesy.

BACA JUGA: Pengurus BPD dari 7 Desa di Pantai Baru, Rote Ndao, Resmi Dilantik

Penyaluran BLT Covid-19 kali ini merupakan BLT susulan yang bersumber dari APBD Kabupaten Rote Ndao untuk masyarakat yang belum tersentuh bansos apapun seperti BLT DD, PKH, BPNPT, BST, sembako dan BLT APBD I serta bansos lainya.

Kepada Rakyat NTT.com, Selasa (8/9/2020), Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Rote Ndao, Jery E. Haning mengatakan penyaluran BLT untuk Kecamatan Pantai Baru berjumlah 132 KK.

Penerima BLT kali ini tersebar di 7 desa/kelurahan; yakni Kelurahan Olafuliha’a sebanyak 53 KK, Tesabela sebanyak 40 KK, Keoen sebanyak 30 KK, Batulilok 6 KK sedangkan Desa Tunganamo, Oebau dan Lekona masing-masing 1 KK.

Ia menegaskan Bansos ini diberikan setiap bulan selama 3 bulan dalam bentuk uang secara langsung yaitu sebesar Rp 600.000/KK dengan total dana bantuan Rp 1.800.000/KK.

Sementara itu, Lurah Olafuliha’a, Jekson O. Tulle, A.Md, sesuai data dari 53 KK penerima BLT di Kelurahan Olafuliha’a terdapat 4 KK penerima yang dobel nama. Ke-4 KK tersebut terdata sebagai KK penerima BST dan telah menerima haknya sebelumnya. Terhadap 4 KK penerima tersebut, 2 nama diusulkan penghapusan sedangkan 2 nama dialihkan kepada 2 KK penerima baru yang namanya belum terakomodir dalam daftar penerima bansos selama ini. Atas pengalihan tersebut telah dibuat dalam dokumen berita acara dan telah diserahkan ke petugas Dinas Sosial yang bertugas saat itu.

BACA JUGA: Proyek Perpipaan Selesai, Warga Desa Keoen, Rote Ndao, Nikmati Air Bersih

Untuk diketahui, masyarakat penerima dari 3 desa yakni Desa Tesabela, Batulilok dan Oebau tidak hadir. Dari ke-3 desa yang warganya tidak hadir, petugas Dinsos melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Tesabela via telepon sehingga penyaluran BLT untuk masyarakat Tesabela dapat dilangsungkan di Kantor Desa Tesabela, sedangkan sisanya akan lakukan kordinasi lebih lanjut. Bila tidak berhasil maka penerima dapat langsung ke Dinas Sosial untuk menerima haknya.

Untuk diketahui, total penerima BLT APBD Rote Ndao adalah 1.228 KK. Total anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 2.210.400.000,- Namun jumlah tersebut akan mengalami perubahan seiring dengan verikasi saat pembagian di lapangan. (rnc12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed